Jokowi Berharap Indonesia Dapat Menerapkan Bus Listrik

Jokowi Berharap Indonesia Dapat Menerapkan Bus Listrik

Berita Terkini Bisnis Bus & Truk Transportasi

Jokowi Berharap Indonesia Dapat Menerapkan Bus Listrik

MobilKomersial.com- Keberadaan Bus Listrik di negara-negara lainnya memicu Presiden Jokowi agar Indonesia dapat melakukan hal serupa. Menurut Jokowi, saat ini negara-negara lain sedang berlomba untuk menggunakan kendaraan atau bus listrik sebagai transportasinya. Salah satunya adalah Tiongkok. Di kota Shenzhen ini bahkan akhir tahun lalu 100% bus angkutan publik beralih ke listrik. Total armadanya mencapai 16.300 bus.

Tidak hanya Tiongkok, penggunaan bus listrik juga hampir dapat ditemui di kota lain di seluruh dunia, seperti London (Inggris), Paris (Prancis), dan Los Angeles (Amerika Serikat) dan Meksiko.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan pihaknya siap untuk menjalankan mobil listrik di Jakarta. “Saya mau pilot project dulu di beberapa rute utama dan disiapkan prasarananya juga,”Ujar Sandi.

Sandi mengatakan upaya pengalihan kendaraan umum biasa menjadi kendaraan listrik memang bertahap. Ini karena harus dilakukan beberapa penyesuaian mulai dari suku cadang, stasiun pengisian listrik, kesiapan teknologi, serta kesiapan sumber daya manusia.

Harapannya uji coba itu bisa dilakukan tahun ini, khususnya saat momen akbar Asian Games. Rencananya uji coba itu akan dimulai pada moda transportasi umum Transjakarta. “Iya tadi perintah pak presiden sudah sangat jelas, saya instruksi ke Transjakarta langsung ke CEO nya Transjakarta,”ujarnya.

Source : Dari Berbagai Sumber

Hits: 133

Tinggalkan Balasan