Jelang Mudik Lebaran 2018, Tim Gabungan Inspeksi di Terminal Rajabasa

Berita Terkini Mudik Transportasi

Jelang Mudik Lebaran 2018, Tim Gabungan Inspeksi di Terminal Rajabasa

Bandar Lampung, MobilKomersial.com  – Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung bersama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu Lampung, dan PT Jasa Raharja Cabang Lampung melakukan inspeksi ke Terminal Rajabasa, Selasa (22/5/2018). Tim gabungan tersebut mengecek sejumlah bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP), dan angkutan kota antar propinsi (AKAP).

Dikutip dari Lampost.co, tim gabungan memantau kondisi bus, dari BPTD melakukan pemeriksaan terhadap bus AKAP, Dishub Provinsi pada bus AKDP.

Kemudian, Jasa Raharja melakukan pengecekan iuran keselamatan berkendara. Sementara dari kepolisian melakukan pengecekan surat-surat kendaraan.

Bus yang dinilai layak, langsung ditempelkan stiker di bagian depan kaca, yang bertuliskan angkutan lebaran tahun 2018.

“Kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi transportasi mudik idul Fitri, agar layak jalan,” ujar  Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Lampung AKBP Bryan Benteng di Terminal Rajabasa, Selasa (22/5/2018).

Lebih jauh Bryan menerangkan, pemeriksaan gabungan ini akan terus berlanjut, sampai nanti operasi ketupat di Krakatau 2018 dilaksanakan. “Kami akan terus melakukan operasi namun tidak diketahui waktunya kapan,” tambahnya.

Dari hasil pengecekan, dua bus ditahan karena tidak memiliki surat-surat (STNK), yakni Bus AKAP dengan nomor polisi BK 7736 TL, dan bus AKDP BE 2678 DI.

Sementara Kepala Bidang Teknik dan Sarapan Prasarana Dishub Provinsi Lampung Yudi Hendra mengatakan, pemeriksaan mencakup administrasi dan teknis. “Administrasi yakni  kelengkapan surat kendaraan seperti buku KIR, dan sedangkan teknis yakni rampchek dengan melihat kondisi ban, lampu, hingga wiper bus,” tuturnya.

Penulis : Denny Firmansyah

Editor : Dimas Lombardi

Hits: 243

Tinggalkan Balasan