Isuzu GIGA

Ini Serangkaian Pembaruan di Truk New Isuzu Giga

Berita Terkini Bus & Truk Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Isuzu Indonesia telah memperkenalkan dua produk terbarunya pada awal tahun 2018 ini, yaitu New Isuzu Giga di segmen medium duty truck dan world premier Isuzu Traga yang merupakan medium pick up. New Isuzu Giga yang diluncurkan di arena GIICOMVEC 2018 bulan Maret 2018 lalu, menyandang sejumlah pembaruan setelah truk ini diperkenalkan pertama kali di pasar Indonesia pada 2011 alias 7 tahun sejak peluncuran perdananya.

Terkait dengan itu, Isuzu melakukan sejumlah pembaruan di model New Isuzu Giga yang dipasarkan di Indonesia.

Di sektor mesin, Isuzu meningkatkan kemampuan mesin New Isuzu Giga untuk kelas Giga dengan standard power 245PS. Yakni dari semua power & torsi maksimum masing-masing dari 240PS dan 72Kg.m, menjadi 245 PS dan 80Kg.m.

Pada truk Giga kelas standard power (245PS) dilakukan improvement yang dilakukan khususnya pada rasio transmisi di standard power.

 

Ernando Demily, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam penjelasannya mengatakan, Isuzu telah meningkatkan rasio transmisi pada kelas New Isuzu Giga, khususnya pada rasio gigi pertama, dimana sebelumnya Isuzu Giga hanya memiliki rasio diangka 6.615 menjadi 9.010. Hal ini menjadikan New Isuzu Giga tangguh di medan tanjakan terjal.

Di sektor chassis, New Isuzu Giga mengembangkan chassis baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atas chassis, sehingga memudahkan customer untuk membuat dan memasang aplikasi pada truknya.

Di fitur pengereman, Isuzu mengubah sistem rem dari yang sebelumnya Air Over Hydraulic ( AOH) type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan New Isuzu Giga menjadi lebih safety karena karakteristik Full air yang mengunci ban disaat terjadi kebocoran angin, sehingga hal ini sangat aman bagi pengemudi.

Di sektor kabin, New Isuzu Giga dengan penggerak 4×2 dan 6×2 isuzu melakukan perbaikan dengan mengganti solid rubber type menjadi fluid dumping rubber, sehingga menjadikan truk ini lebih nyaman untuk dikendarai.

“Untuk New Isuzu Giga dengan penggerak 6×4 dan 4×2 (tipe dump truck) dilengkapi dengan seat suspension dan menjadikannya sangat nyaman walaupun di medan off-road,” sebut Ernando Demily.

Isuzu Giga model terdahulu memiliki Disk wheel berukuran 7” dan tebal 12mm. Di New Isuzu giga disc wheel berukuran 7,5” dan tebal 14mm.

Tire size juga berubah dari ukuran 10.00-20-16PR menjadi 11.00-20-16PR, wheel pin(baut roda) berubah dari sisi jumlah dari 8 buah, menjadi 10 buah. Dengan improvement ini menjadikan Isuzu menjadi lebih awet masa pemakaiannya.

Terakhir, truion di New Isuzu Giga mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikan New Isuzu Giga lebih stabil dikemudikan.

Penulis: Arieffandi

Hits: 189

Tinggalkan Balasan