Keyless Ignition

Hati-hati, Lupa Matikan Fitur Keyless Ignition Bisa Sebabkan Kematian

Berita Terkini Teknologi

Jakarta, MobilKomersial.com – Canggihnya teknologi yang tersedia di dalam kendaraan seakan semakin memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Seperti pada sistem pengapian tanpa kunci (Keyless Ignition) atau populer dengan sebutan Start/Stop button yang menjadi semakin populer karena memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan tanpa menggunakan kunci kontak. Sistem seperti ini memang sangat memudahkan pengemudi untuk menyalakan kendaraan hanya dengan satu kali tekan tombol. Namun tidak dipungkiri bahwa sistem ini juga bisa menyebabkan masalah tragis bahkan bisa menyebabkan kematian dalam keadaan tertentu.

Dilaporkan berita New York Times, sedikitnya 28 orang tewas dan 45 orang lainnya terluka serta menderita kerusakan otak di Negara Amerika Serikat yang disebabkan oleh karbon monoksida yang berasal dari kendaraan dengan sistem pengapian tanpa kunci.

Berdasarkan catatan, sistem pengapian tanpa kunci menjadi fitur standar pada hampir setengah dari semua kendaraan baru yang dipasarkan di Negeri Paman Sam. Hal ini menimbulkan risiko yang meningkat karena beberapa pengemudi lupa mematikan mesin mereka ketika parkir di garasi.

Lupa mematikan mesin

Kebanyakan dari para pemilik mobil langsung memarkir mobil mereka, lalu masuk ke rumah dan tidak menyadari kendaraan mereka masih menyala. Jika ini terjadi untuk jangka waktu panjang, tanpa mereka sadari gas karbon monoksida telah terkumpul dalam mobil yang menyebabkan keracunan.

Meskipun semakin banyak korban jiwa, sebagian besar pabrikan belum membuat sistem keamanan yang dapat mencegah penumpukan karbon monoksida yang mematikan. Masalah ini telah diperingatkan Society of Automotive Engineers kepada para pemilik kendaraan yang menggunakan keyless Ignition untuk tidak lupa mematikan kendaraan saat memarkir di garasi.

Hal inipun telah menjadi perhatian serius Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) dengan mengusulkan peraturan baru yang mengharuskan semua kendaraan memiliki sistem peringatan kepada pemilik ketika kunci kontak tidak dimatikan. Namun banyak pabrikan menentang peraturan baru ini dan tidak tertarik untuk menambahkan sistem tersebut.

Dari semua pabrikan hanya Ford yang menyediakan sistem keamanan tersebut di mana secara otomatis akan mematikan mesin jika mobil telah diam selama 30 menit dan kunci utama tidak ada di dalam kendaraan.

Sayangnya, sejumlah produsen mobil tidak mengikutinya. Alasannya tidak lain yaitu karena biaya perawatan penambahan fitur tersebut cukup mahal.

Hits: 200

Tinggalkan Balasan