DPD Organda NTB Imbau Semua Angkutan Lebaran Lakukan Ramp Check

DPD Organda NTB Imbau Semua Angkutan Lebaran Lakukan Ramp Check

MobilKomersial.com – Kepala Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Nusa Tenggara Barat Antonius Zaremba Mustafa mengimbau seluruh angkutan kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota dalam provinsi (AKDP), dan bus pariwisata memeriksa kelaikan kendaraan (rampcheck) sebelum lebaran. Imbauan tersebut, agar kendaraan bus AKAP, AKDP, dan bus pariwisata 15 hari sebelum lebaran melakukan ramp check.

“Saran kami bus-bus yang jarak tempuhnya jauh pada saat mudik lebaran untuk diadakan rampcheck sesuai tupoksi masing-masing,” kata Antonius dikutip Republika.co.id, di NTB, Rabu (23/5/2018).

Menurut Antonius, proses pemeriksaan kelaikan kendaraan yang perlu menjadi perhatian para pengusaha Perusahaan Otobus (P0) meliputi bagian KIR, kondisi rem, rem tangan, lampu, ban dan mesin kendaraan. Selain itu juga kelengkapan surat-surat, hingga SIM pengemudi sesuai dengan jenis kendaraan yang akan digunakan.

“Yang perlu juga diperhatikan itu alat P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), alat pemecah kaca dan yang penting saat H-7 itu cek fisik dan kesehatan pengemudi,” sambungnya.

Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi pengemudi agar terhindar atau bebas dari pengaruh obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, dan juga diberi vitamin.

Tidak naikkan harga tiket

Lebih jauh Antonius menjelaskan bahwa DPD Organda NTB juga akan mengeluarkan imbauan kepada seluruh PO AKDP dan AKAP untuk tidak menaikkan harga tiket.

Untuk itu, ia menyarankan masyarakat memanfaatkan jalur Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) lintas Kayangan, Lombok Timur-Poto Tano, Sumbawa Barat maupun Lembar, Lombok Barat-Padang Bai, Bali, dalam masa mudik untuk mengurangi penggunaan sepeda motor.

 

Editor : Dimas Lombardi

Hits: 221

Tinggalkan Balasan