Beberapa Ruas Tol Telah Dipersiapkan Hadapi Lebaran 2018

Beberapa Ruas Tol Telah Dipersiapkan Hadapi Lebaran 2018

Berita Terkini Transportasi

MobilKomersial.com- Beberapa Ruas Tol Telah Dipersiapkan Hadapi Lebaran 2018. Memasuki bulan suci Ramadhan, tentu dipersiapkan juga bagi sebagian umat di Indonesia untuk melakukan mudik. Yap, Mudik merupakan seperti ritual yang wajib dan harus dilakukan menjelang Idul Fitri.
Guna menghadapi mudik lebaran, beberapa ruas jalan tol khususnya di pulau Jawa telah disiapkan. sejumlah ruas tol yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa yakni sepanjang 615 kilometer, pun dirampungkan. Tol Trans Jawa ini membentang dari Cikampek (Jawa Barat) hingga ke Surabaya (Jawa Timur). Akan tetapi, Kementerian perhubungan meminta kepada para pemudik untuk tidak semua pemudik menggunakan jalur tol tersebut.

“Tidak harus melewati jalan tol saja namun bisa juga menggunakan jalan nasional,” ujar Budi Karya Sumadi selaku menteri Perhubungan.

Guna memastikan angkutan mudik lebaran dalam kondisi laik jalan, Dinas Perhubungan juga telah diinstruksikan melakukan ramp check kepada moda angkutan darat seperti bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk memastikan bus tersebut layak jalan.

“Ini juga memastikan agar bus tidak bermasalah saat melayani arus mudik. Tidak ada lagi alasan kecelakaan karena rem blong,” tegasnya. Lebih jauh Budi mengatakan, pemudik yang menggunakan moda angkutan darat seperti bus mencapai tujuh juta orang sedangkan kereta api sekitar enam juta orang.

“Terbanyak menggunakan moda angkutan udara yang diperkirakan mencapai delapan juta orang.”pungkasnya.

Beberapa ruas tol yang akan dapat digunakan pemudik

Tol Pemalang – Pejagan
Tol Batang – Semarang
Tol Pemalang-Batang
Tol Brebes – Gandulan
Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi)
Tol Semarang-Solo
Tol Pandaan-Malang
Tol Trans Jawa ruas Tol Salatiga – Kartasura (Solo) juga dapat digunakan saat Lebaran. Lalu ada tol penghubung Jateng dan Jatim yakni Tol Solo – Sragen dan Tol Solo – Ngawi, juga dipastikan beroperasi saat Lebaran. Untuk tol di Jawa Timur, yang akan difungsikan sebagai jalur fungsional adalah Tol Ngawi – Kertosono. Sementara tol yang sudah beroperasi adalah Tol Mojokerto – Jombang.Beberapa Ruas Tol Telah Dipersiapkan Hadapi Lebaran 2018

 

Hits: 183

Tinggalkan Balasan