Sejarah Singkat VW Kodok Di Dunia

Sejarah Singkat VW Kodok Di Dunia

Berita Terkini Bisnis Mobil Mancanegara

Sejarah Singkat VW Kodok Di Dunia

MobilKomersial.com- VW Kodok merupakan salah satu mobil antik yang masih banyak peminatnya di tanah air. bentuknya yang lucu dan mengemaskan menjadi daya tarik tersendiri.  Asal mula mobil ini berasal dari zaman Nazi Jerman di sekitar tahun 1930 an. awal tahun 1930-an pabrikan otomotif di Jerman banyak yang memproduksi mobil mewah. Rata-rata orang Jerman tidak dapat membelinya. Karena terlihat memiliki pasar yang potensial, maka beberapa pabrikan mobil di Jerman membuat proyek untuk “Mobil Rakyat” seperti Mercedes 170H, Steyr 55, Adler AutoBahn, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Sampai tahun 1933, proyek-proyek tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Akan tetapi, Adolf Hitler menginginkan sebuah kendaraan pribadi dapat tersedia untuk masyarakat umum, dan menugaskan seorang insinyur, Ferdinand Porsche, untuk merancang kendaraan tersebut. Hitler juga memberi syarat bahwa kendaraan ini harus mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, pada kecepatan 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu, harga 990 Reichsmark, atau seharga sebuah sepeda motor pada waktu itu.

Walaupun secara resmi Ferdinand Porsche adalah perancangnya, Akan tetapi Joseph Ganz telah merancang mobil yang mirip. Mobil tersebut lebih kecil dan lebih murah, namun para produsen mobil tidak tertarik, justru dua produsen sepeda motor yang tertarik. Adler memproduksi Maikäfer, dan Standard memproduksi Superior, dan mengkampanyekan dalam iklan sebagai ‘Der Deutsche Volkswagen’ (mobil rakyat Jerman).

Ketika Nazi mulai berkuasa, Joseph Ganz dimasukkan ke penjara karena Nazi mengetahui bahwa ia adalah seorang Yahudi. Pemerintah Nazi kemudian mendekati Porsche, yang merancang prototipe mobil yang mirip dengan Superior, yang dinamakan Käfer. Menurut Volkswagen, tidak hanya Ganz yang telah merancang mobil dengan desain mirip, dan Käfer sendiri bukan didesain berdasarkan rancangan Ganz.

Volkswagen dapat bertahan setelah Perang Dunia atas usaha seorang tentara Inggris, Mayor Ivan Hirst. Setelah perang, Hirst diperintah untuk mengepalai pabrik yang telah rusak dibombardir Sekutu dan dikuasai Amerika Serikat. Dimulai dengan usahanya membuang bom yang tidak meledak yang tersangkut di antara mesin produksi, ia kemudian berhasil meyakinkan angkatan bersenjata Inggris untuk memesan 20.000 mobil. Pada tahun 1946, pabrik tersebut telah dapat memproduksi 1.000 mobil per bulan.

Sejak tahun 1937 produksi VW Beetle telah berkembang secara pesat dari tahun ke tahun. dan di tahun 1954 VW Beetle telah mencapai hingga 1 juta mobil. Sementara itu di tahun 1973, produksi mobil ini telah mencapai hingga 16 juta dan popularitasnya telah menyebar hingga ke pelosok di belahan dunia. Mobil ini sangat fenomenal, di setiap negara memiliki nama-nama yang berbeda yang menggambarkan bentuknya. Ketika di Jerman mobil ini bernama Kafer, di Perancis mobil ini bernama Coccinelle, di Brasil mobil ini bernama Fuscha, di Amerika Serikat mobil ini bernama Bug dan di Indonesia sendiri mobil ini bernama VW Kodok.

Saat ini produksi VW Beetle telah dihentikan oleh pabrik Volkswagen. Akan tetapi para pemilik maupun penggemar mobil ini dapat ditemui hampir disetiap negara.

Untuk perawatan mobil ini juga terbilang sulit. Dikarenakan spare partnya yang mulai jarang dan apalagi dengan mesin mobil ini berada dibelakang yang berbeda dengan peletakan mesin mobil pada bagian depan kendaraan.

VW Beetle telah berhasil menyatukan para penggemar dan pemilik VW Beetle secara lintas negara.  Berikut beberapa nama VW Kodok di berbagai belahan negara di dunia :

  • Jerman, Austria dan Swiss: Kafer
  • Argentina: Escarabajo
  • Belanda: Kever
  • Brazil: Fusca
  • Bolivia: Peta
  • Bosnia – Herzegovina: Folcika
  • Bulgaria: Косτенурка (Kostenurka), Бръмбар (Brambar)
  • Colombia: PulgaBelgia: Coccinelle atau Kever
  • Filippina: Pendong
  • Italia: Maggiolino
  • Jepang: Kabuto-mushi
  • Kroasia: Buba
  • Malaysia: Kura atau Kodok
  • Meksiko: Vocho atau Vochito
  • Republik Cheko: Brouk
  • Rusia: Фольксваген-жук(Folksvagen-Zhuk)

 

Tinggalkan Balasan