Mulai Senin Besok, Sistem Ganjil-Genap Diuji Coba di Ruas Tol Jagorawi dan Jakarta-Tangerang

Berita Terkini Transportasi

Jakarta, MobilKomersial.com – Dengan alasan demi mengurai kemacetan di sejumlah simpul dan titik macet, Kementerian Perhubungan RI bersama Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPJT), operator jalan tol dan kepolisian mulai memberlakukan uji coba ganjil genap untuk kendaraan yang melintas di ruas jalan tol Jagorawi dan jalan tol Jakarta-Tangerang, sejak hari ini, Senin (15/4/2018).

Kepala BPJT Bambang Prihartono akhir pekan lalu mengatakan, ujicoba ini akan diberlakukan hingga akhir bulan April demi memonitoring efektivitas penerapannya. Secara berkala, sepekan sekali akan dilakukan evaluasi.

Di ruas jalan tol Jagorawi, penerapan ganjil genap akan diberlakukan di gerbang tol  Cibubur tepatnya di pintu Tol Cibubur 2. Di ruas tol Jakarta-Tangerang, penerapan ganjil genap dimulai di pintu tol Kunciran 2 dan Tangerang 2. Menyusul uji coba ini, Pemerintah dan BPJT akan menerapkan secara penuh sistem plat nomor ganjil genap yang boleh melintas di kedua ruas jalan tol tersebut mulai awal bulan Mei 2018. Kementerian Perhubungan akan menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) sebagai payung hukumnya. Bersamaan dengan penerapan uji coba ganjil genap ini, BPJT juga akan menyediakan jalur khusus bus di sepanjang ruas tol Jagorawi demi mendorong warga masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar Bogor, agar meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi ke moda angkutan umum berbasis bus, saat akan bepergian berangkat kerja ke Jakarta. Jalur khusus bus di ruas tol Jagorawi ini disiapkan mulai dari dari pintu ruas tol Bogor sampai Pasar Rebo dan di ruas tol Tangerang.

Paket kebijakan ini dikeluarkan menyusul penerapan kebijakan serupa di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hasil evaluasi terhadap penerapan paket kebijakan yang telah diterapkan selama 4 minggu (12 Maret 2018 hingga 6 April 2018) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah berhasil menurunkan V/C Rasio sebesar 46%. Sementara itu, peningkatan rata-rata kecepatan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek meningkat sebesar 10-20% pada jam pemberlakuan kebijakan tersebut.

Penulis : Arieffandi

Tinggalkan Balasan