Menhub Budi Evaluasi 3 Bus AKAP yang Tak Laik Jalan di Terminal Tirtonadi Solo

Menhub Budi Evaluasi 3 Bus AKAP yang Tak Laik Jalan di Terminal Tirtonadi Solo

Bus Bus & Truk Transportasi

Menhub Budi Evaluasi 3 Bus AKAP yang Tak Laik Jalan di Terminal Tirtonadi Solo

MobilKomersial.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak di Terminal Tirtonadi Solo pada Minggu (1/4/2018) kemarin. Dalam sidak-nya, Menhub menemukan sejumlah bus tak lain jalan.

“Ada yang harus dievaluasi dari busnya karena sudah jelek dan uji kelaikan tidak dilakukan semestinya,” kata Menhub Budi Karya dikutip dari Antara, Minggu (1/4/2018).

Budi menyebut, sebanyak tiga bus tak laik jalan karena rem tangan yang tidak berfungsi, ban sudah tipis karetnya, hingga perlengkapan bus yang tak lengkap. Dengan begitu, bus-bus tersebut harus menunda beroperasi karena kondisinya seperti itu bisa membahayakan. “Faktor utama adalah keselamatan penumpang. Jika ditemukan bus yang tak laik harus segera dihentikan pengoperasiannya,”.

Sidak

Dalam sidaknya, Menhub juga sempat meminta surat KIR kendaraan, STNK dan SIM pengemudi yang jika dilihat dari sisi administrasi seluruh bus sudah memenuhi.

Ia menginstruksikan kepada kepala terminal untuk mengevaluasi secara lebih efektif dan membuat mekanisme sehingga perusahaan bus rutin melakukan uji kelaikan. “Apabila ada material yang sudah tak bisa dipakai atau rusak harus diganti atau diperbaiki,” kata Menhub menambahkan.

FAktor Keselamatan

Faktor keselamatan penumpang bus tak bisa ditawar sehingga kelaikan bus tetap harus dikedepankan dengan cara tidak mengoperasikan bus yang ada kerusakan atau kekurangan.

Hits: 216

Tinggalkan Balasan