Ini Rincian Pemberlakuan Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tol Tangerang, Berlaku Mulai Besok

Berita Terkini Transportasi

Jakarta – Menyusul paket kebijakan yang diterapkan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) kembali menginisiasi Paket Kebijakan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jakarta-Tangerang guna menjamin kelancaran arus lalu lintas di kedua ruas jalan tol tersebut. Uji coba penerapan sistem ganjil genap akan diberlakukan mulai besok, hari Senin, 16 April 2018 dan berlaku sampai akhir bulan. Aturan ini akan diberlakukan penuh pada awal bulan Mei 2018.

Rincian pemberlakuan sistem ganjil genap di Ruas Jalan Tol Jagorawi adalah sebagai berikut:

  1. Penerapan skema ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.
  2. Penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

  3. Pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi dan Cibubur Residence.

Rincian penerapan sistem ganjil-genap di Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang adalah sebagai berikut:

  1. Penerapan skema ganjil-genap di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat, kecuali hari libur nasional.
  • Penerapan LKAU dari Tangerang-Kebon Jeruk arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

  • Pembatasan angkutan barang (Kendaraan Golongan III-V) mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk 2 arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

  • Pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Perumahan Citra Raya, Alam Sutra, Villa Melati, BSD City, dan Perumahan Banjar Raya.

  • Paket kebijakan yang diterapkan di Ruas Jalan Tol Jagorawi dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang akan dilakukan ujicoba mulai tanggal 16 April 2018, dan akan diterapkan pada awal bulan Mei 2018.

    Saat ujicoba dilakukan, akan ditempatkan petugas yang beroperasi di akses GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2. Mulai aakhir bulan Mei 2018 akan diterapkan penegakan hukum oleh Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Metro Jaya bagi pelangar di gerbang tol yang telah diberlakukan paket kebijakan tersebut.

    Untuk mendukung paket kebijakan ini, telah dipasang rambu perintah dan marka LKAU (Bogor-Pasar Rebo dan Tangerang-Kebon Jeruk), rambu perintah ganjil-genap di akses tol prioritas (GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2), serta menyiapkan armada bus Transjabodetabek di sekitar akses gerbang tol yang dikenai paket kebijakan.

    Untuk memastikan penerapan paket kebijakan di dua ruas jalan tol tersebut berjalan lancar, berbagai stakeholder yang terlibat seperti Korlantas Polri, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Ditjen Bina Marga, Ditlantas Polda Metro Jaya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ), Polres Metro Jaya Jakarta Timur, Dishub DKI Jakarta, Polres Kota Tangerang, Dishub Kota Tangerang, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. telah bersinergi dalam menyiapkan segala sesuatunya. Sebelumnya, sosialisasi dilakukan dengan membagikan flyer di GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2, pemasangan spanduk pada akses GT Cibubur 2.

    Penulis : Arieffandi

    Tinggalkan Balasan