Volvo FH16

Volvo FH16, Tractor Head Heavy Duty Terlaris di Indonesia

Berita Terkini Bus & Truk Truk

MobilKomersial.com — Volvo Trucks boleh berbangga. Salah satu truk heavy duty-nya jenis tractor head menjadi truk terlaris saat ini. Truk tersebut adalah Volvo FH16.  Di ajang pameran kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 pada 1-4 Maret 2018 kemarin di JCC Senayan, Jakarta lalu, Volvo Trucks Indonesia merayakan penjualan ke-1000 unit Volvo FH16 melalui prosesi penyerahan truk ini kepada perusahaan tambang PT Bayan Resources.

Seperti apakah kehebatan truk tractor head Volvo FH16 ini? Yang jelas ada pada kapabilitasnya. Vovlo FH16 mampu menarik muatan hingga 200 ton dalam sekali jalan. Truk tipe ini dibekali mesin diesel bertenaga 160 horse power dengan dikombinasikan transmisi otomatis I-shift Transmission yang dilengkapi dengan crawler gear yang membuatnya menjadi truk paling efisien meski dioperasikan untuk menarik beban sangat berat.

Presiden Direktur Volvo Trucks Indonesia Valery Muyard mengatakan, rasio transmisi Volvo FH 16 adalah 32.04:1 membuat transmisi I-shift di truk ini dengan ultra low gears bisa membuatnya melaju dalam kondisi pelan dengan kecepatan 0,5 sampai 2 km per jam dengan presisi dan total control. Truk pun bisa tercegah dari potensi laka sekaligus memaksimalkan produktivitas truk ini untuk operasional tambang dan tugas-tugas berat lainnya.

Sebelum memasarkan ke pasar dunia, Volvo sudah melakukan serangkaian tes tabrakan terhadap truk ini di Swedia melalui serangkaian simulasi. Desain pilar A, desain pintu dan juga struktur lantai di truk ini benar-benar dirancang untuk melindungi pengemudi dari potensi cedera saat terjadi kecelakaan. Bagian langit-langit truk ini dilengkapi dengan lubang yang memberi akses kepada pengemudi untuk keluar saat terjadi kecelakaan fatal yang membahayakan nyawanya. Di Indonesia, pemakai terbanyak truk Volvo Fh 16 saat ini adalah PT Saptaindra Sejati dan PT Pectech Services Indonesia.

Penulis: Ariefandi

Tinggalkan Balasan