Pertamina Lubricants Ciptakan Generasi Muda Entrepreneur Otomotif

Pertamina Lubricants Ciptakan Generasi Muda Entrepreneur Otomotif

Aftermarket Berita Terkini CSR Pelumas

Pertamina Lubricants Ciptakan Generasi Muda Entrepreneur Otomotif

MobilKomersial.com- Perkembangan pasar otomotif di Indonesia sangatlah pesat dan merupakan salah satu perkembangan otomotif terbesar di ASEAN, perkembangan ini dipicu oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, peningkatan kelas menengah dan peningkatan investasi sektor otomotif serta pemberlakuan regulasi otomotif yang mendukung pertumbuhan pasar.

Perkembangan Otomotif

Peningkatan dan perkembangan otomotif terutama penjualan kendaraan roda dua juga dibarengi akan kebutuhan jasa pelayanan perawatan dan perbaikan kendaraan atau biasa kita sebut dengan bengkel motor. Melihat celah dan tantangan tersebut, PT Pertamina Lubricants sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif domestik dan internasional menciptakan sebuah program unggulan perusahaan bernama Enduro Student Program.

Bagian Dari CSR

Enduro Student Program (ESP) yang dicanangkan oleh PT Pertamina Lubricants ini merupakan program pemberdayaan sosial yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan keterampilan bengkel kendaraan roda dua yang dibina untuk menciptakan tenaga muda produktif otomotif serta entrepreneur muda bengkel sepeda motor. Program ini juga merupakan bagian dari Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dirancang oleh Pertamina Lubricants dan merupakan rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif unggulan.

Program ini pertama kali diluncurkan di Cilacap pada tahun 2016, sebanyak 21 pelajar berprestasi dari SMK otomotif unggulan di kota Cilacap terpilih menjadi peserta dan mendapatkan berbagai pelatihan perbengkelan teknis dan non teknis serta pelatihan entrepreneur muda otomotif yang meliputi strategi bisnis, taktik penjualan, pelayanan konsumen, team building dan wawasan tentang pengelolaan limbah bengkel.

7 bengkel terpilih yang menjadi mitra binaan PT Pertamina Lubricants

Selain itu mereka juga mendapatkan kesempatan magang di 7 bengkel terpilih yang menjadi mitra binaan PT Pertamina Lubricants di Cilacap. Program ESP perdana yang mengusung tema “Semangat Membangun Tenaga Muda Produktif Indonesia” ini telah berhasil mencetak wirausaha muda baru yang merintis beberapa bengkel baru di kota Cilacap.

“Sejauh ini, sudah ada lima bengkel hasil murid didikan yang berdiri sendiri. Dari mulai pendapatan mereka Rp 0 hingga Rp 500.000 itu sudah luar biasa bagi kami. Mereka bisa membantu orang tuanya yang kebanyakan bermata pencaharian nelayan, petani, dan buruh” ungkap Asri Nur Aini selaku Community Development Officer Pertamina Lubrications Productions Unit Cilacap.

Salah satu alumni program ESP Cilacap yang berhasil membuka serta merintis usaha bengkel roda dua yakni Ade Izatul Kholiq. Ia mengaku sangat bersyukur terpilih menjadi salah satu peserta ESP dan mendapatkan beragam ilmu perbengkelan dan strategi bisnisnya.

“Saya bangga bisa terpilih untuk menjadi salah satu peserta yang mendapatkan kesempatan ini. Melalui Enduro Student Program, saya telah terbekali berbagai pengetahuan secara mendalam mengenai pelumas dan kepelumasan.” ujarnya.

Semakin Maju

Kini, usaha bengkel motor milik Ade Izatul Kholiq sudah sangat membantu ekonomi keluarga. Agar usahanya lebih berkah, ia pun lalu merekrut anak-anak putus sekolah dan mendidiknya untuk menjadi tenaga terampil di bidang otomotif roda dua. Dengan begitu, usaha bengkel yang ia bangun dapat terus berkembang secara berkelanjutan, membuka lapangan pekerjaan dan membangun ekonomi setempat.

Sama halnya dengan Ade Izatul Kholiq, PT Pertamina Lubricants juga berkomitmen agar Enduro Student Program dapat terus berlanjut dan membuka kesempatan tidak hanya di kota Cilacap. Hal ini dibuktikan pada tahun 2017 dengan diadakannya Enduro Student Program di wilayah kota Lamongan dan Gresik serta wilayah Blora, Bojonegoro dan Tuban.

Komitmen Berkelanjutan

Tahun ini PT Pertamina Lubricants akan kembali menunjukkan komitmennya untuk menciptakan tenaga terampil dan entrepreneur muda otomotif Indonesia khususnya kendaraan roda dua melalui Enduro Student Program 2018 karna PT Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat.Pertamina Lubricants Ciptakan Generasi Muda Entrepreneur Otomotif

“Program ini selaras dengan komitmen program pemberdayaan sosial PT Pertamina Lubricants, bekerja sama dengan mitra, untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia dibidang otomotif agar para peserta dapat terus membangun mimpi mereka dan menjadi inspiratory bagi rekan-rekannya” jelas Fitri Erika, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants.

Tinggalkan Balasan