Mercedes-Benz Vario

INCUBUS 2018: DAMRI Pajang Bus Langka Mercedes-Benz Vario

Bus Bus & Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Ajang pameran bus unik dan klasik bertajuk Indonesia Classic & Unique Bus Fiesta (INCUBUS) 2018 tak dilewatkan oleh Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Dalam pameran yang sedang berlangsung di JIExpo Kemayoran Jakarta Hinggu Minggu 24 Maret mendatang itu, DAMRI memajang salah satu bus yang terbilang langka yakni bus Mercedes-Benz Vario 1996.

Satu unit Mercedes-Benz Vario yang dibawa DAMRI merupakan bus yang diproduksi periode 1996 sampai 2013 dengan dua pilihan mesin diesel yakni lima silinder dengan kode OM 602 DE LA dan empat silinder dengan kode mesin OM 904 LA.

Seorang teknisi senior DAMRI, Asep Sutandi menerangkan bahwa saat itu hanya ada tiga unit Mercedes-Benz Vario di Indonesia, dua milik DAMRI dan satu milik TNI Angkatan Darat. “Dahulu, cerita dari Mercy, katanya cuma ada tiga di Indonesia. Satu di Angkatan Darat, dua di DAMRI,” katanya dikutip dari Antara, Kamis (22/3).

Mercedes-Benz Vario
Mercedes-Benz Vario

Dipakai untuk pertambangan

Menurut Asep bus yang ada di pameran INCUBUS masih laik jalan dan bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu. “Sekarang masih dipakai dan laik jalan. Pada zamannya, bus ini dipakai untuk tambang karena keempat rodanya bisa gerak, 4WD,” ungkapnya.

Sebelumnya, DAMRI memiliki dua unit Mercedes-Benz Vario yang dipergunakan untuk transportasi lintas Kalimantan. Namun satu unit bus itu rusak, sehingga komponen-komponennya digunakan untuk bus yang pertama sehingga saat ini tersisa satu unit bus yang beroperasi baik. Mercedes-Benz Vario yang diproduksi di Jerman ini merupakan model pembaruan dari Mercedes-Benz T2 yang mengaspal sejak 1967 hingga 1996.

Tinggalkan Balasan