Eksistensi Truk DAF Dari Tahun 1928 Hingga Kini

Berita Terkini Bus & Truk Mancanegara Truk

Eksistensi Truk DAF Dari Tahun 1928 Hingga Kini

MobilKomersial.com — Pada tanggal 1 April 1928, insinyur Belanda Hub van Doorne memulai bengkel konstruksi kecil di kota Eindhoven, Belanda. Dari awal yang sederhana ini, DAF telah berevolusi menjadi produsen truk global terkemuka yang berfokus pada inovasi, kualitas, dan efisiensi transportasi.

Lokakarya ini berevolusi menjadi bisnis manufaktur trailer pada tahun 1932 dan nama perusahaan diubah menjadi Van Doorne Aanhangwagen Fabriek ( pabrik semi-trailer Van Doorne), disingkat DAF. Trailer kontainer DAF memulai debutnya pada tahun 1936 dan dirancang untuk dengan cepat memuat dan membongkar kontainer dari gerbong kereta api. Ini adalah contoh awal transportasi intermodal dan menjadikan DAF salah satu pemasok trailer kontainer pertama di dunia.

Perusahaan Truk Baru Lahir

Pada tahun 1949, truk DAF pertama memasuki produksi dan nama perusahaan menjadi Van Doorne Automobiel Fabriek. Setahun kemudian sebuah pabrik truk khusus dibangun dan produksi dimulai dengan tiga, lima dan enam ton sasis truk.

Memimpin dalam pengembangan mesin

Pada hari-hari awal, DAF memasang mesin bensin dan diesel Hercules dan Perkins, tetapi pada tahun 1957 perusahaan Eindhoven mendesain dan mulai memproduksi mesin bermerek DAF pertama. Dua tahun kemudian, DAF meningkatkan mesin diesel DD575 dengan menambahkan charger turbo yang merupakan pencapaian terobosan lainnya. DAF memperkenalkan turbo intercooling sebagai industri pertama pada tahun 1973. Teknologi ini awalnya dikembangkan untuk memenuhi permintaan output mesin yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, tetapi juga terbukti sangat diperlukan dalam mewujudkan emisi gas buang yang lebih bersih. Pada 1980-an DAF meluncurkan ATi, Advanced Turbo Intercooling yang memberikan kekuatan dan efisiensi lebih lanjut melalui penyempurnaan lebih lanjut teknologi injeksi dan bentuk optimal dari ruang bakar.

Pada tahun 2005, DAF meluncurkan mesin PACCAR MX yang sekarang dipasang di semua truk heavy duty DAF dan lebih dari 40% truk buatan Kenworth dan Peterbilt. Mesin MX-13 dan MX-11 generasi terbaru memiliki engine kecepatan rendah yang sangat efisien, jalur penggerak cerdas, dan gandar belakang efisien yang menghasilkan torsi tinggi yang tersedia pada kecepatan engine yang rendah.

Cab menetapkan standar baru

Truk DAF pertama dari akhir tahun 40-an, awal 50-an meninggalkan pabrik hanya sebagai sasis dengan di depan mesin, kisi-kisi karakteristik dengan tujuh batang krom dan kursi sementara yang terbuat dari kayu. Pada tahun 1960-an, DAF semakin meningkatkan kenyamanan pengemudi dengan cab pertama yang dirancang untuk transportasi internasional. The DAF 2600 menawarkan dua tempat tidur dan jendela di sekitar untuk mendapat pandangan yang optimal di jalan. Rem daya dan power steering meringankan pekerjaan yang menuntut pengemudi. The 2600 sekarang dianggap sebagai yang pertama dari semua truk transportasi internasional. Pada tahun 1969, DAF adalah salah satu produsen paling awal yang memperkenalkan mekanisme tilting untuk model engine kabin-over yang sangat meningkatkan akses pemeliharaan.

DAF, A PACCAR Company

Pada tahun 1996, DAF menjadi perusahaan PACCAR. Sejak itu, DAF telah melanjutkan posisi kepemimpinannya sebagai pemimpin teknologi global dengan perkembangan besar dalam truk, mesin, dan fasilitas canggih.

Truk DAF

DAF meluncurkan seri LF, CF, dan XF baru pada tahun 2001 dan 2002, model XF105 pemenang penghargaan pada tahun 2005, dan program Euro 4 dan 5 pada tahun 2006. Berbagai model Euro 6 baru yang ultra-bersih memasuki produksi pada tahun 2013 Dan pada tahun 2017, CF Baru dan XF Baru diberi nama ‘Truk Internasional Tahun 2018’ untuk efisiensi transportasi terkemuka di kelasnya dan peningkatan efisiensi bahan bakar yang mengesankan sebesar 7%. Juga pada tahun 2017, Di Britania Raya, LF Baru dianugerahi ‘Truk Armada Komersial Tahun Ini’.

Komitmen DAF terhadap kualitas telah menghasilkan lima penghargaan International Truck of the Year, penghargaan tertinggi industri ini:

  • 1988 – DAF 95
  • 1998 – DAF 95XF
  • 2002 – DAF LF
  • 2007 – XF105
  • 2018 – CF dan XF

Mengembangkan Teknologi untuk Masa Depan

Pada 2015, DAF mendemonstrasikan peleton truk. The EcoTwin sistem kendaraan yang aktif mengikuti kendaraan untuk secara otomatis mengikuti truk memimpin menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, mengurangi CO 2 -emissions dan ditingkatkan arus lalu lintas. Karena keberhasilan EcoTwin, DAF dipilih untuk berpartisipasi secara eksklusif dalam uji coba peletonan Inggris pada 2017. DAF terlibat dengan proyek pengembangan teknologi Eropa terkemuka untuk mendapatkan pengalaman komprehensif dengan kereta listrik alternatif dan listrik hibrida.

Keunggulan Global

DAF mengemudi bisnis global di abad 21. Truk-truknya yang terkemuka di kelasnya diproduksi di Belanda, Belgia, Inggris dan Brasil, dan produk DAF dijual oleh 1.100 dealer independen di lima benua.

Truk DAF didukung oleh layanan terdepan dari industri yang disediakan oleh Bagian PACCAR dan PACCAR Financial. Armada didukung oleh bantuan pinggir jalan terbaik di Eropa, International Truck Service (ITS) dan DAF Connect, sistem manajemen armada canggih milik DAF.

“DAF menyediakan rangkaian lengkap truk-truk yang sangat baik yang menawarkan biaya operasi terendah industri, efisiensi transportasi terbaik dan kenyamanan pengemudi tertinggi,” kata Preston Feight, presiden DAF. “Berkat tim yang luar biasa dari lebih dari 10.000 orang yang berdedikasi yang merancang membangun, menjual, dan mendukung truk, mesin, komponen, dan layanan berkualitas, DAF memiliki posisi yang baik untuk terus berkembang dengan sukses di seluruh dunia.”

Sumber : DAF

Tinggalkan Balasan