Bus Listrik MAB Curi Perhatian Pebisnis Asing

Berita Terkini Bus Bus & Truk Event Karoseri

Jakarta, MobilKomersial.com – Di ajang IIBT 2018, selain memperkenalkan Evolander HDD ,New Armada juga membawa bus listrik yang belum lama ini juga telah diperkenalkan di pameran GIICOMVEC 2018. Bus dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) ini bermesin listrik dengan low floor.

Bus ini menjadi pusat perhatian di IIBT 2018, dan banyak sekali pelaku bisnis di sektor transportasi darat baik dari dalam maupun luar negeri yang antusias dengan bus listrik buatan anak bangsa ini.

Komponen yang terkandung dalam bus ini masih 40 persen komponen lokalnya, sisanya masih impor seperti pada mesin listrik, baterai dan lainnya.

Bus ini rencananya akan dipasarkan dan digunakan sebagai alat transportasi di perkotaan serta wilayah khusus seperti bandara.


Spesifikasi Bus MAB
Bus MAB memiliki dirakit sepenuhnya oleh perusahaan karoseri New Armada asal Malang, Jawa Timur. Untuk dimensi, bus ini memiliki panjang 12.000 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.720 mm. Jarak sumbu roda mencapai 5.950 mm serta ground clearence 250 mm.

Kendaraan ini dapat menampung 60 orang, dengan komposisi penumpang duduk dan berdiri. Diklaim pula ramah bagi difabel, atau mereka yang berkebutuhan khusus. Karena MAB merancangnya dengan pintu rendah dan adanya jembatan untuk memudahkan pengguna kursi roda masuk ke bagian dalam.

Bus berwarna biru yang dipamerkan dengan nomer seri MD255-XBE1 itu, menggunakan motor elektrik HYQ 800-1200 sebagai penggeraknya. Motor ini dapat menghasilkan tenaga hingga 268 Hp dan torsi maksimal 2.400 Nm. Sedangkan sumber tenaganya berasal dari baterai berkapasitas 259,2 kWh yang bobotnya mencapai 2.290 kg.

Untuk melakukan isi daya baterai awalnya memakan waktu hingga 8 jam, namun untuk prototipe terbaru bisa digunakan 3 jam saja.

Sementara pada bagian kabin, bus ini dilengkapi beberapa layar infotainment untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Sedangkan untuk pendingin udara yang digunakan yaitu TSD-LE Sanden dengan spesifikasi 400-800 VDC. Perakitan bus ini sepenuhnya dikerjakan oleh perusahaan karoseri New Armada.

Tinggalkan Balasan