Aturan Mobil Berplat Ganjil-Genap Positif Diberlakukan Mulai 12 Maret di Tol Jakarta-Cikampek

Berita Terkini Transportasi

Jakarta, MobilKomersial.com – Jasa Marga dan Pemerintah resmi akan memberlakukan kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Bekasi Timur dan GT Bekasi Barat arah ke Jakarta setiap pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB setiap harinya mulai tanggal 12 Maret 2018.

Pada kesempatan ini, selain mengadakan koordinasi terkait paket kebijakan yang akan diterapkan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Menteri Luhut dan Menteri Budi melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan tol tentang kebijakan ganjil-genap yang akan diterapkan di GT Bekasi Timur dan GT Bekasi Barat arah Jakarta setiap pukul 06.00 hingga 09.00 mulai tanggal 12 Maret 2018.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengharapkan melalui pemberlakuan kebijakan ganjil-genap ini volume lalu lintas di Ruas Jakarta-Cikampek dapat berkurang hingga lebih dari 30 persen, asalkan masyarakat benar-benar memanfaatkan bus Transjabodetabek yang telah disediakan, dan memaksimalkan paket kebijakan lainnya.

“Diharapkan volume lalu lintas dapat turun signifikan, tergantung efektifitas penerapan paket kebijakan ini, dan sebanyak apa masyarakat yang mau naik bus. Ini kan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk telah disediakan beberapa titik kantong parkir. Jadi semoga masyarakat mau memanfaatkan fasilitas ini, untuk parkir dan pindah menggunakan bus,” ujar Desi.

Desi mengatakan, kantong parkir untuk para pengguna Bus Transjabodetabek telah disediakan di Mega City Bekasi Barat dan Grand Dhika Bekasi Timur.

Jasa Marga telah melakukan sejumlah upaya guna mensosialisasikan paket kebijakan tersebut, dan menyiapkan segala kebutuhan ketika kebijakan tersebut mulai diimplementasikan, di antaranya adalah dengan menempatkan petugas LJT, Satgas Kamtib, dan PJR di akses masuk gerbang tol.

Demi kelancaran pelaksanaan paket kebijakan tersebut, Jasa Marga juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dengan harapan kebijakan teraebut dapat mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang kerap terjadi sejak pembangunan berbagai proyek infrastruktur dengan skala besar di ruas tersebut.

Untuk persiapan pemberlakuan kebijakan ganjil-genap ini, Jasa Marga dan Kementerian Perhubungan serta instansi terkait telah menggelar rapat koordinasi di Bekasi, hari Senin (5/3/2018).

Penulis : Arieffandi

Hits: 222

Tinggalkan Balasan