Tips Memilih Ban Truk

Berita Terkini Tips

Tips Memilih Ban Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Usia ban dari suatu kendaraan banyak ditentukan oleh berbagai macam faktor, salah satunya seperti kondisi jalanan, keagresifan ketika mengemudi dan juga kondisi cuaca. Ketika kita mau membeli ban baru, ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan agar nantinya tidak kecewa setelah membelinya. Dan yang terpenting adalah mengidentifikasi ban mana yang terbaik untuk kendaraan kita dan juga tata cara mengemudi kita.

Truk dan SUV biasanya membutuhkan ban-ban yang spesial, karena ukurannya yang lebih besar dan dinamis. Berikut adalah jenis ban yang dipergunakan untuk truk dan SUV.

All-season truck : ban jenis ini tepinya membulat dan sangat bagus untuk on-road driving. Ban jenis ini dirancang untuk menampilkan performa yang baik untuk segala macam kondisi.

All-terrain : ban jenis ini dipergunakan untuk meratakan jalan dan juga untuk jenis off-road ringan. Ban jenis ini diberi tambahan traksi untuk jalanan yang tidak rata dan juga bersalju.

Bagaimana Cara Memilihnya Ban yang Baik :

1. Utamakan Keselamatan
Carilah ban yang mengutamakan keamanan yaitu ban yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling dan mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.

2 Bacalah petunjuk yang diberikan
Jaminan yang diberikan oleh pabrik untuk ban-ban mereka adalah jaminan penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh yang mereka janjikan.

semakin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, semakin kecil nilai penggantiannya. Kebanyakan jaminan untuk ban hanya mencakup kerusakan yang terjadi karena pengunaan secara regular dan tidak mencakup kerusakan yang dikarenakan lubang dijalanan ataupun bahaya yang terjadi dijalanan.

3. Kenali ukuran ban

Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.

Sebagai contoh mengambil ukuran ban P205/55R16 94V. P (Passenger) adalah prefix yang mengacu pada ban mobil penumpang, walaupun banyak juga truk berukuran ringan yang memakai kode ini juga. LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan.

205 merupakan lebar cross-section ban dalam ukuran millimeter, dan 55 adalah rasio tinggi didnding samping ban dengan lebar cross-section (55 persen). R berarti radial-ply construction. Dan 16 adalah diameter velg yang cocok untuk ban tersebut dalam satuan inci. 94 mengacu pada kapasitas muatan maksimum ban. Sedangkan huruf V adalah rata kecepatan yang mengindikasikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai, dalam hal ini sampai dengan149 mph. Lihat tabel di bawah untuk lebih jelasnya.

4. Dapatkan dengan harga terbaik
Harga ban bervariasi berdasarkan wilayah dan toko. Pastikan untuk menanyakan kepada penjual apakah harga yang dicantumkan sudah termasuk dengan mounting, balancing, dan katup baru. Proses diatas tidak dapat anda hindarkan apabila anda mengganti ban. Berhubung harga ban tidaklah murah, anda disarankan untuk membanding-bandingkan antara satu toko dengan yang lainnya.

Hits: 456

Tinggalkan Balasan