Peluncuran bus Gatotkaca di Balaikota Solo, Senin (5/2/2018) (Kredit foto: Ari Azka/Istimewa)

Pemkot Solo Luncurkan Bus Gatotkaca, Bisa Juga Buat Rapat Kapasitas 15 Orang

Berita Terkini Bus Bus & Truk

Pemkot Solo Luncurkan Bus Gatotkaca, Bisa Juga Buat Rapat untuk 15 Orang

Solo, MobilKomersial.com – Sadar kotanya merupakan kota destinasi wisata yang kuat di Pulau Jawa, Pemerintah Kota Solo menempuh strategi meluncurkan bus pelesir. Satu unit bus pelesir yang diberi nama Bus Gatotkaca diluncurkan oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Solo, Senin (5/2/2018).

Bus tipe low entry berkelir putih kombinasi oranye dengan tambahan motif batik ini mampu mengakomodir 15 orang penumpang. Sebagai bus jalan-jalan, kabinnya dirancang cukup menawan dengan sejumlah fasilitas yang membuat penumpang yang duduk di dalamnya malas beranjak turun.

Misalnya, kursi sofa yang empuk dan luas untuk duduk, layar televisi LCD, LCD projetor. Ada juga kompartemen penyimpanan untuk barang berharga selama di perjalanan. Jika kehausan, di bus ini tersedia air panas untuk menyeduh kopi atau teh. Nikmat pokoknya.

Dirombak jadi bus pelesir

Bus ini sebenarnya bus lama untuk difabel, kemudian dirombak oleh karoseri sedemikian rupa interiornya menjadi bus pelesir dan untuk rapat berjalan. Dengan fasilitas ini, Bus Gatotkaca bisa disewa oleh pebisnis untuk menjamu tamu atau disewa keluarga atau rombongan kecil saat tamasya di Kota Solo dan sekitarnya. Soal tarif sewa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menetapkan tarif promosi sebesar Rp 2 juta per 3 jam.

Pendapatan yang diterima dari masyarakat yang menyewa menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno, akan digunakan untukmembiayai perawatan bus, termasuk penggantian suku cadang fast moving, pelumas, dan bahan bakar. Sejauh ini pihaknya belum bisa memberikan layanan untuk yang akan menyewa dengan penggunaan jarak jauh. Jika Anda tertarik menyewa bus ini, Anda bisa menghubungi call center 08222100059.

 

Penulis: Ariffandi

Hits: 327

1 thought on “Pemkot Solo Luncurkan Bus Gatotkaca, Bisa Juga Buat Rapat Kapasitas 15 Orang

Tinggalkan Balasan