image-mobkom-Delapan Juta Mobil Ditarik Terkait Masalah Airbag

Kenali Lebih Dalam Teknologi Airbag

Berita Terkini Tips
image-mobkom-Delapan Juta Mobil Ditarik Terkait Masalah Airbag
Foto : Istimewa

Kenali Lebih Dalam Teknologi Airbag

Jakarta, MobilKomersial.com – Pada zaman sekarang banyak sekali fitur keselamatan yang dipasang pada varian mobil jenis terbaru. Salah satunya adalah teknologi airbag yang sudah menjadi salah satu alat keselamatan wajib yang di pasang pada kendaraan anda.

Pada kesempatan kali ini, mari kita ketahui lebih dalam mengenai teknologi airbag yang ada di dalam mobil.

Pada umumnya penggunaan dari fitur pyrotechnic adalah teknologi dasar yang digunakan untuk mengembangkan balonnya. Di dalam kendaraan anda pasti akan terpasang semacam pelatuk kecil yang mempunyai fungsi untuk membakar sodium azide yang dapat menghasilkan gas nitrogen sebagai pengisi dari airbag tersebut.

Gas yang berada di dalam kendaraan anda ini hanya butuh sepersekian detik untuk mengembangkan balon menjadi lebih besar. Pematik dari kendaraan tersebut bisa menjadi lebih besar ketika terjadi benturan pada kendaraan anda. Disaat balon dalam proses pengembangan pasti akan disertai dengan serbuk putih yang mempunyai fungsi sebagai pelumas di airbag kendaraan tersebut.

Selain penggunaan dari pyrotechnic, ada juga pilihan lain yang biasanya dipakai yaitu dengan penggunaan teknik silinder kompresi gas. Cara kerja dari sistem ini terjadi apabila ada benturan keras yang akan memaksa silinder terbuka sehingga proses selanjutnya yang terjadi adalah gas yang mengalir ke dalam airbag. Energi panas dari benturan tersebut akan membantu dengan cepat pengembangan dari airbag yang ada di dalam kendaraan anda.

Adapun juga teknologi airbag modern yang umumnya memakai model dual-stage di area pengemudi. Proses yang terjadi ketika penggunaan airbag model ini adalah tidak langsung mengembang secara penuh saat benturan terjadi, akan tetapi airbag akan berkembang secara bertahap. Tujuannya adalah agar energi airbag tidak langsung menghantam ke arah pengemudi yang bersangkutan.

Untuk perkembangan akhir-akhir ini teknologi airbag dibuat semakin cerdas dengan teknologi yang lebih di fokuskan kepada sistem deteksi benturan kendaraannya, ketika benturan semacam apa yang bisa menyebabkan airbag dapat mengembang. Sensor-sensor yang di letakkan di dalam mobil dibuat semakin cerdas untuk menerjemahkan benturan yang terjadi pada kendaraan anda.

Hits: 293

Tinggalkan Balasan