Incar Segmen Bawah, MAN Luncurkan 2 Chassis Bus

Man Trucks
India, MobilKomersial.com – MAN Trucks India mengincar pertumbuhan penjualan bus di India dengan memperkenalkan seri chassis bus baru bermesin depan untuk pasar lokal dan mengincar segmen ekonomi-premium di sana. Joerg Mommertz, orang nomor satu di MAN Trucks India mengatakan, pihaknya menjalin kerjasama dengan tiga perusahaan karoseri ternama di India untuk bekerja sama membangun bodi dengan model-model yang bisa memenuhi kebutuhan dan selera pengusaha angkutan di India.

Ada dua tipe chassis bus mesin depan MAN yang baru saja diluncurkan di India, Senin, 29 Januari 2018 lalu. Masing-masing adalah model CLA18.250 (4×2) dan model CLA 22.300 (6×2) multi-axle. Dua tipe chassis ini sudah memenuhi standar emisi gas buang BS IV yang ditetapkan Pemerintah India dan oleh MAN dinyatakan sangat cocok untuk pasar India setelah melalui serangkaian uji komponen dan mesin serta pengetesan cukup lama.

“Kami ke depan akan fokus ke segmen premium-ekonomi. Kami tidak mau bertempur, bersaing dengan pemain bus di segmen low end atau segmen high end,” ungkapnya dikutip Financial Express, Senin (1/2/2018). Untuk menggenjot penjualan, MAN telah melakukan pendekatan dengan kalangan pengusaha bus di India dan berharap mereka tertarik membeli chassis bus baru dari MAN untuk memperkuat armada bus antar-kotanya.

Dikuasai merek Eropa

Segmen bus di India saat ini dikuasai beberapa merek ternama Eropa seperti Volvo dan Mercedes-Benz. Pemain lokal yang menguasai segmen low end diantaranya Ashok Leyland dan Tata Motors. MAN sudah menggarap pasar kendaraan komersial di India sejak lebih dari 10 tahun lalu dan saat ini memiliki fasilitas perakitan truk dan bus di Pithampur di negara bagian Madhya Pradesh dengan kantor pusat di Pune, India.

Penulis: Arifandi

Hits: 1068

Tinggalkan Balasan