Ford Ranger Raptor Almost Had A 13-Speed Gearbox

Ford Hadirkan Ranger Raptor dengan Transmisi 10 Percepatan, Hampir 13 Percepatan

Berita Terkini Mancanegara Mobil

Jakarta,MobilKomersial.com – Produsen kendaraan asal Amerika Serikat, Ford memperkenalkan Ranger Raptor dengan gearbox otomatis 10 percepatan, sama dengan F-150 Raptor. Bekerja sama dengan General Motors, Ranger Raptor hadir dengan mesin diesel 4 silinder twin 2.0 Liter turbocharged.

Dengan tenaga sebesar itu, mobil baru Ford ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 210 hp (213PS) dan torsi sebesar 500Nm. Itu menempatkannya dalam persaingan dengan pickup menengah lainnya yang ditujukan untuk superioritas off-road. Semua kekuatan itu diarahkan melalui transmisi 10 kecepatan.

Dikutip dari CarAdvice pada Rabu (14/2), dalam sebuah wawancara dengan John Fallu, Transmission and Driveline Engineering Manager untuk Ford Asia Pasifik, para insinyur dilaporkan menguji beberapa versi gearbox, semuanya dari transmisi 8- dan 9 kecepatan, bahkan sampai kecepatan 12 dan 13. Gearbox 10 percepatan itu bukan pilihan pertama. Namun itu bukan pilihan pertama, bagaimanapun, Raptor terbukti menjadi pilihan terbaik yang telah disempurnakan.

“Kami benar-benar melakukan simulasi selama proses pengujian menyeluruh untuk rasio-rasio roda gigi optimum untuk truk penggerak roda belakang dengan ukuran dan kekuatan ini. Kami melihat tujuh kecepatan, sembilan kecepatan sepanjang jalan hingga 12 dan 13 kecepatan, untuk melihat apakah dari perspektif kinerja dan perspektif efisiensi – apa sebenarnya desain yang optimal,”kata Fallu.

Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)
Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)

Fallu menyebut, keputusan untuk menggunakan transmisi 10 kecepatan tersebut dilaporkan karena memenuhi standar perbaikan dan kinerja mereka, terlebih lagi saat perpindahan gigi yang halus. “Konverter torsi dipilih secara khusus untuk mencoba bertemu dan memperbaiki kinerja peluncuran mesin, sehingga dapat memenuhi harapan pelanggan,” ungkapnya.

Akan ada mesin bensin

Sampai saat ini, Ford belum memutuskan apakah akan membawa Ranger Raptor ke Amerika Serikat, namun jika benar hadir di AS, maka mesin diesel 2.0 liter yang menggerakkan model internasional kemungkinan besar akan disediakan juga untuk unit bensin.

Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)
Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)

Calon yang paling mungkin akan muncul adalah EcoBoost V6 2,7 liter, yang saat ini memberi kekuatan pada Edge ST, menghasilkan tenaga 335hp dan torsi sebesar 514Nm.

Sebagai perbandingan, F-150 yang lebih besar, dengan bentuk Raptor, memiliki torsi 450hp dan 510lb-ft (691Nm) dari mesin enam silinder berkapasitas 3.5 liter twin-turbo.

Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)
Ford Ranger Raptor (foto:motor1.com)

1 thought on “Ford Hadirkan Ranger Raptor dengan Transmisi 10 Percepatan, Hampir 13 Percepatan

Tinggalkan Balasan