bus london

Bus Merah yang Menjadi Landmark London Ini Akan Menggunakan Bahan Bakar dari Limbah Kopi?

Berita Terkini Bus Mancanegara Teknologi

MobilKomersial.com Pengusaha Arthur Kay menginginkan bus merah yang telah menjadi landmark London untuk beroperasi dengan bahan bakar yang dihasilkan oleh limbah kopi.

Dilansir bbc.com, Dia menjalankan Biobean, sebuah start-up yang mengumpulkan sampah dari ampas kopi seperti Costa dan mengubahnya menjadi bahan bakar cair.

Di London, kebutuhan untuk mendapatkan udara bersih sangat penting – jaringan jalan yang padat ditambah dengan bangunan tinggi menjadikannya salah satu tempat paling tercemar di Inggris.

“Kita akan melalui periode divergensi energi dimana kita bergerak dari industri berbasis bahan bakar fosil menjadi satu yang semakin terdiversifikasi. Bio-fuel sangat penting untuk itu,”   kata Kay.

Metode biokimia dimana minyak diekstraksi dari tumpukan bubuk kopi dipatenkan namun menggunakan proses yang menguapkan dasar melalui sesuatu yang dikenal sebagai ekstraksi heksana.

Ini mengekstrak sekitar 15 sampai 20% minyak dan massa yang tersisa diubah menjadi pelet bio-massa yang dapat dibakar sebagai bahan bakar pada pembakar kayu. Dan, kata Mr Kay, selalu ada persediaan bahan baku.

“Selama orang masih minum kopi, akan ada kopi.”Di Inggris, orang mengkonsumsi 500.000 ton kopi setiap tahunnya, dan jika kita bisa menggunakan semuanya, kita bisa memberi kekuatan pada sebuah kota seperti Manchester,” katanya.

Bahan Bakar Nabati

Banyak sekali negara yang mulai melihat manfaat bahan bakar nabati, yang bisa dibuat dari apapun dari cokelat sampai limbah.

Swedia menciptakan beberapa berita utama yang tidak diinginkan beberapa tahun yang lalu ketika menggunakan bangkai kelinci – dimusnahkan karena populasi berlebih – untuk menghasilkan bahan bakar.

Tapi sebelum itu, Swedia memiliki sejarah panjang menggunakan bahan bakar nabati dan di ibukota, Stockholm, 15.000 mobil – banyak di antaranya adalah taksi – dan 300 bus sekarang menggunakan bio-gas.

Baca Juga : Ganti dengan Bus Listrik, Kota Guangzhou Akan Hapus 33.000 Bus Berbahan Bakar Fosil

Awalnya bio-fuel diciptakan dari etanol – yang dihasilkan dari tebu Brasil – namun setelah kekhawatiran pada pertengahan tahun 1990an bahwa ini tidak dapat dipertahankan karena juga merupakan sumber makanan – negara tersebut lebih fokus pada bio-gas.

Penggunaan Bahan Bakar Nabati

Untuk meningkatkan penggunaan bahan bakar nabati, pengguna mobil di kota beralih bahan bakar guna mendorong stasiun pengisian bahan bakar untuk mengenalkan pompa bahan bakar nabati.

“Sekarang kita sedang memeriksa cara baru untuk menghasilkan bio-gas dari limbah makanan,” kata Gustaf Landahl, kepala proyek kota pintar Stockholm.

Itu termasuk menyediakan rumah tangga dengan tas berwarna yang berbeda untuk memungkinkan mereka menyortir sampah organik dengan lebih mudah.

“Bahkan jika Anda menggunakan limbah, ini tidak memastikan bahwa proses konversi memiliki dampak ekologis yang ringan. Kita perlu mempertimbangkan aspek-aspek lain, terutama energi dan bahan kimia yang dibutuhkan dan limbah yang dihasilkan, untuk memperkirakan keberlanjutan proses. Dengan cara yang berarti, “kata Dr Mondelli.

Bio-Fuel

Dia percaya bahwa bio-fuel akan tetap “sebagian kecil dari sistem energi masa depan kita” di samping sumber lain seperti hidrogen, metanol dan energi terbarukan seperti matahari.

Beberapa kota memilih cara yang lebih konvensional untuk meningkatkan kualitas udara dengan banyak kebijakan yang mendukung kendaraan listrik.

Beijing adalah yang terbaru mengumumkan rencana untuk mengubah armada 70.000 taksi menjadi listrik, mulai tahun ini dengan biaya sekitar 9 miliar yuan.

Norwegia

Norwegia saat ini memiliki jumlah mobil listrik per kapita tertinggi di dunia dan pada bulan Maret mengumumkan bahwa mobil listrik atau mobil hibrida mewakili setengah dari pendaftaran baru di negara ini sepanjang tahun ini. Penjualan mobil listrik menyumbang lebih dari 17% registrasi kendaraan baru pada bulan Januari, dan kendaraan hibrida 33,8%.

Mobil dengan mesin pembakaran dikenakan pajak di Norwegia sementara kendaraan listrik dikecualikan dari hampir semua pajak. Pemilik juga mendapatkan akses gratis ke jalan tol, feri dan parkir di tempat parkir umum.

Transport

Kembali ke London, pembuat mobil Ford bermitra dengan Transport for London untuk memasarkan van tenaga listrik di kota.

Jumlah kendaraan komersial telah meningkat sebesar 12% di kota-kota karena semakin banyak orang mengandalkan pengiriman barang secara cepat.

“Saat kota berkembang, dan London tumbuh setara dengan dua kereta Tube penuh setiap minggu, akan ada kelanjutan dari tren tersebut,” kata Graham Hoare, chief engineer Ford.

Ini memaksa pemerintah kota untuk mencari cara inovatif untuk mengurangi kemacetan dan memperbaiki kualitas udara.

Hits: 236

Tinggalkan Balasan