Bus Listrik Jenderal Moeloko Siap Dipamerkan di Arena GIICOMVEC 2018

Bus Listrik Jenderal Moeloko Siap Dipamerkan di Arena GIICOMVEC 2018

Berita Terkini Bisnis Bus & Truk Bus & Truk Event

Bus Listrik Jenderal Moeloko Siap Dipamerkan di Arena GIICOMVEC 2018

MobilKomersial.com – Pameran khusus kendaraan komersial dan industri karoseri bertajuk Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, tanggal 1-4 Maret 2018.

Event pameran yang untuk pertama kalinya akan digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini selain menampilkan sejumlah kendaraan komersial jenis bus, truk, dan pick up, juga akan menampikan produk karoseri. Selain itu, pameran ini akan memamerkan pula produk anyar bus listrik yang untuk pertama kalinya akan ditampilkan di pameran ini.

Bus listrik ini akan tampil di salah satu booth sederet dengan booth karoseri. Bus dengan nama Mobil Anak Bangsa (MAB) Maxvel ini akan dipajang sebanyak satu unit selama GIICOMVEC 2018 berlangsung. Bus tersebut merupakan project pribadi mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Moeldok, yang kini menjadi Kepala Staf Kepresiden (KSP) di Istana.

Bus listrik Maxvel ini siap mencuri perhatian pengunjung lantaran teknologi listriknya, menggantikan powertrain diesel yang selama ini digunakan di bus-bus konvensional. Baterai di bus ini menurut keterangan Moeldoko, seperti dikutip sebuah media, mampu membawa bus ini melaju hingga jarak 250 sampai 300 km. Sayangnya, untuk mengisi ulang baterai lithium-ion-nya sampai penuh, masih perlu waktu lama. Yakni sekitar 3 jam. Bus ini memiliki dimensi panjang 12 meter dan lebar sekitar 2.5 meter. Untuk akses masuk ke kabin, bus ini menganut konsep low entry dengan lantai bus yang dirancang rendah sehingga ramah untuk difabel, manula dan penumpang anak-anak.

Di akun Instagram-nya, Jenderal Purn Moeldoko sempat memamerkan wujud utuh bus ini dengan pose dirinya bersama keluarga. Moeldoko menyertakan caption di foto tersebut:

“Mengikuti Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo untuk memperkenalkan karya anak negeri Mobil Anak Bangsa…. Ini bukti bahwa anak negeri kita bisa melakukan hal yg positif dan pandai-pandai…. Ini juga wujud anak bangsa yg kreatif dan giat membangun bangsanya tanpa banyak ngomong…..”.

Untuk proyek bus listrik ini, Moeldoko sudah membentuk perusahaan dengan nama PT Mobil Anak Bangsa dan sudah memproduksi dua unit bus listrik untuk prototipe.
Penulis: Ariffandi

Tinggalkan Balasan