Bus Aluminium Pesanan Transjakarta Berharga Rp 2,1 Miliar Per Unit

Berita Terkini Bus Bus & Truk Transportasi

Jakarta, MobilKomersial.com — PT Transjakarta memesan 101 unit bus berbahan aluminium dari Karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah. Ke-101 unit bus dari bahan aluminium ini merupakan bagian dari 300 unit bus baru untuk armada Transjakarta yang akan didatangkan ke DKI untuk menyambut penyelenggaraan pesta olahraga akbar Asian Games dan akan dioperasikan sebagai bus non koridor dan bus pengumpan antar koridor.

Wijanarko, Direktur Teknik & Fasilitas Transjakarta, Selasa (13/2/2018) mengatakan, bus dari bahan aluminium yang dipesan dari Karoseri Nusantara Gemilang (Nusgem) adalah tipe bus low floor dengan menggunakan basis mesin dan chassis Mercedes-Benz dan Scania. Dia menyebutkan, harga per unit bus tersebut adalah Rp 2,1 miliar. Untuk mengejar target peluncuran pengoperasian di DKI Jakarta sekitar bulan April 2018 mendatang, Karoseri Nusantara Gemilang sudah melakukan proses produksi.

Bus Transjakarta produksi Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus

Total, saat ini sudah 20 unit chassis bus yang sudah masuk ke karoseri ini untuk penggarapan bodinya. Proses pembuatan bodi bus aluminium tipe low floor di karoseri ini memakan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Masuk dalam paket pemesanan bus low floor ini, Karoseri Nusantara Gemilang akan melengkapi setiap unit bus low floor ini dengan dua unit mesin pembayaran digital berbasis kartu untuk memudahkan setiap penumpang yang naik. Selain itu dilengkapi pula dengan layar LCD dan kamera CCTV.

Setiap unit bus juga dilengkapi pegangan tangan untuk penumpang berdiri, selain kursi untuk penumpang duduk dan kursi dan area khusus untuk penyandang disabilitas. Setiap bus mampu mengangkut 73 penumpang terdiri dari 34 penumpang duduk dan 37 penumpang berdiri.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, hanya 101 unit bus yang dipesan Transjakarta menggunakan material aluminium. Sebanyak 199 unit bus pesanan lainnya akan menggunakan material baja seperti bus-bus Transjakarta yang sudah ada selama ini. Untuk bus dengan material pelat baja ini, Transjakarta memesan pembuatan bodinya ke Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah.

Penulis: Ariffandi

Hits: 545

Tinggalkan Balasan