Bus transjakarta

April 2018, Transjakarta Luncurkan Bus Berbodi Aluminium untuk Sambut Asian Games

Berita Terkini Bus Bus & Truk Transportasi

Jakarta, MobilKomersial.com РSekitar bulan April atau Mei 2018 mendatang, PT Transjakarta akan meluncurkan armada terbaru bus Transjakarta menggunakan material aluminium. Total, jumlah bus aluminium yang diluncurkan dan dioperasikan ini jumlahnya akan mencapai 101 buah. Menurut Wijanarko, Direktur Teknik & Fasilitas Transjakarta, di sela acara kunjungan ke karoseri ini Selasa (13/2/2018) Bus-bus tersebut dipesan dari Karoseri Nusantara Gemilang, di Kudus, Jawa Tengah. Bus-bus tersebut saat ini dalam tahap pengerjaan. Bus berbahan aluminium ini menggunakan beberapa tipe chassis premium dari dua pabrikan bus Eropa, Mercedes-Benz dan Scania.

Sebanyak 101 bus berbahan aluminium ini merupakan bagian dari sekitar 300 unit bus baru yang didatangkan Transjakarta sebagai bus pengumpan atau feeder untuk menyambut perhelatan pesta olahraga akbar Asian Games yang akan berlangsung tahun ini di Jakarta dan Palembang. Ke-101 bus dengan bahan aluminium yang dipesan ini merupakan tipe bus low floor sehingga ramah terhadap penumpang anak-anak dan penyandang disabilitas serta manula.

Baca Juga : Ini Enam Rute Transjakarta yang Mengalami Perubahan

“Bus low deck ini akan kita operasikan di jalan-jalan utama yang selama ini belum dilewati Transjakarta, seperti Jalan Diponegoro, kawasan Menteng,” kata Wijanarko. Bus-bus ini nanti akan berfungsi pula untuk menghubungkan sejumlah koridor bus Transjakarta agar saling tersambung sehingga memudahkan masyarakat dan juga para tamu dan official Asian Games yang bepergian.¬†Untuk penentuan rute yang akan dilintasi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Material aluminium ini diaplikasikan pada sejumlah bagian bodi bus, seperti pelat dinding dan lantai bus. Wijanarko menjelaskan, dengan menggunakan material aluminium, bobot bus bisa direduksi antara 200 sampai 500 kilogram. Manfaatnya, bus menjadi bisa mengangkut penumpang lebih banyak per tripnya. Selain itu, penggunaan bahan bakar bus juga menjadi lebih hemat. Komponen fast moving bus yang membutuhkan penggantian berkala seperti ban juga jadi lebih awet. Bus Transjakarta dengan bodi aluminium diklaim awet untuk dioperasikan hingga 10 tahun tanpa perlu khawatir dengan karat.

Penulis: Ariffandi

Hits: 463

Tinggalkan Balasan