Tips Membersihkan Karburator Motor Kesayangan Anda

Tips Membersihkan Karburator Motor Kesayangan Anda

Berita Terkini Tips

Tips Membersihkan Karburator Motor Kesayangan Anda

MobilKomersial.com – Karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting dalam siklus kerja mesin, sebab karburator berperan sebagai media pencampur udara dan bahan bakar untuk pembakaran pada sebuah kendaraan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita selalu rajin untuk membersihkan karburator kendaraan kita secara berkala agar tidak terjadi kerusakan yang fatal dikemudian hari.

Terlebih lagi jika kendaraan tersebut adalah kendaraan keluaran tahun lama atau kendaraan yang sudah berumur tentu kita harus lebih rajin lagi membersihkannya, minimal sekali dalam sebulan. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk membersihkan karburator :

Pertama :

Anda bisa memulainya dengan membersihkan filter udara yang terpasang pada lubang karburator terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melepas filter udara lalu semprot dengan angin yang bertekanan tinggi (misal dengan menggunakan kompresor). Tapi, beberapa karburator ada yang terbuat dari bahan busa, nah untuk karburator yang terbuat dari busa, anda bisa membersihkannya dengan cara mencucinya hingga bersih lalu dibiarkan hingga kering.

Kedua :

Setelah anda selesai membersihkan filter udaranya, kemudian lanjutkan dengan melepas baut-baut yang terpasang pada rumah karburator, beserta choke dan kran bensinnya.

Ketiga :

Setelah anda melepas baut-baut tadi, kemudian lepaslah komponen-komponen karburator seperti mangkok karburator, pelampung, jarum pelampung, main jet, pilot jet dan lainnya dan letakkan komponen-komponen karburator yang telah anda lepas tersebut ke dalam wadah yang sudah diisi dengan bensin.

Keempat :

Bersihkan karburator dengan menggunakan kuas setelah itu lanjutkan dengan menyemprotnya dengan angin dari kompresor agar kotoran-kotoran yang menempel pada lubang karburator menjadi hilang, Sedangkan untuk membersihkan spuyernya, anda bisa membersihkannya dengan cara mengamplasnya tipis-tipis dengan menggunakan amplas yang halus. Tapi hati-hati ketika anda mengamplas spuyernya, usahakan jangan terlalu ditekan ketika mengamplas agar ukuran diameter spuyernya tidak berubah.

Kelima :

Pasang kembali spuyer yang telah anda bersihkan tadi. Hati-hati, jangan terlalu kencang dalam memasang spuyernya.

Keenam :

Atur ketinggian pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.

Terakhir :

Pasang kembali komponen-komponen karburator yang telah anda bersihkan tadi seperti sediakala. Jangan lupa untuk menyetel kondisi langsam mesinnya, anda bisa melakukannya dengan cara memutar spuyer angin-anginnya sampai mentok searah dengan arah jarum jam. Proses penyetelan ini dilakukan dalam keadaan mesin hidup, setelah spuyer tadi anda putar sampai mentok kemudian putar balik hingga beberapa putaran untuk menemukan standart yang pas untuk kendaraan anda.Tips Membersihkan Karburator Motor Kesayangan Anda

Tinggalkan Balasan