Teknik Pengereman Terbaik Pada Truk

Berita Terkini Tips

Teknik Pengereman Terbaik Pada Truk

MobilKomersial.com — Banyaknya kecelakaan maut yang melibatkan truk, itu terjadi akibat kinerja sistem pengereman rem yang tidak bekerja alias blong. Namun apakah tragedi yang terjadi dijalanan, memang bermula dari sistem kerja rem yang tidak mumpuni untuk menghentikan laju truk?

Sistem kerja rem pada truk sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan mobil penumpang. Namun lantaran bobot muatannya yang lebih berat dari mobil penumpang, maka dibutuhkan teknik tersendiri untuk menghentikan laju kendaraan terlebih ketika melintas di jalur menurun.

Menurut Budi Hartono, kepala montir Super Buana Jaya, untuk light truck dengan sistem hidrolik (minyak rem), sebaiknya pedal rem tidak boleh terlalu sering ditekan, melainkan dikocok dan maksimalkan kerja dari exhaust brake.

Pendapat tersebut diamini oleh Wawan Kurniawan, Service Manager bengkel resmi Mitshubishi di Jl. Panjang No.8, Kebon Jeruk, Jakbar. Menurut Wawan, aplikasi pengereman terbaik adalah kombinasi antara menekan pedal rem,menggunakan engine brake dan mengaktifkan exhaust brake.

============================================================================

Jaga Rem Pakem, Periksa Komponen Ini

Memeriksa kondisi rem kendaraan sebelum menggunakannya menjadi keharusan, karena rem merupakan bagian terpenting dalam keselamatan berkendara. Pemeriksaan rutin sebelum perjalanan, bisa membuat anda merasa nyaman dan tidak panik di jalan saat melakukan berbagai manuver karena kondisi rem kendaraan dalam kondisi prima. Hal penting yang harus diperhatikan  pada sirkuit rem adalah kondisi piston, minyak rem, masalah pada boobster dan master rem serta kampas rem yang langsung mengunci ban. […] Baca selengkapnya >>>

Hits: 424

Tinggalkan Balasan