Raymond Loewy, Desainer Otomotif Revolusioner Abad 20

Berita Terkini Profil

Raymond Loewy, Desainer Otomotif Revolusioner Abad 20

MobilKomersial.com – Mungkin banyak yang tidak mengenal sosok bernama Raymond Loewy. Namun,  bila berbicara tentang mesin penjual Coca-Cola, bus Greyhound, sampai desain-desain klasik dari pabrikan mobil Studebaker, semua pasti mengerti dialah orang yang berada di balik semua itu.

Sosok Inspiratif

Lahir di Paris, 5 November 1893, Raymond Loewy adalah sosok inspiratif di bidang desain. Memulai karir di tahun 1909, dia memegang banyak peranan penting di bidang desain yang produk-produknya dikenal dunia, seperti desain kemasan Lucky Strike, logo dari Shell hingga pakaian seragam Air Force One.

Pedoman Dunia Otomotif

Di bidang otomotif sendiri dia dikenal sebagai desainer dari pabrikan mobil Studebaker yang berdiri sejak 1852 sampai 1967. Dia memulai karirnya dengan mendesain ulang logonya yang digunakan sejak 1936 sampai pabrikan tersebut ditutup. Berbagai macam model terkenal juga lahir dari buah tangannya, seperti Studebaker Avanti dan Studebaker Champion, yang menjadi jawaban atas kelesuan penjualan Studebaker. Hasil desainnya yang menjadi pedoman dalam dunia otomobil sampai sekarang adalah fender atau spatbor  yang melengkung maju, hingga bisa menyesuaikan aliran angin dengan bodi mobil.

Karyanya yang lain hadir di bidang transportasi dengan Bus Scenicruiser yang hadir sebagai karya eksklusif dari perusahaan ternama Greyhound. Coach dua tingkat ini menjadi ikon dari gaya hidup Amerika, karena kehadirannya di jalanan Amerika dan meraih kepopuleran dalam perjalanan publik.

Metro Van dari International Harvester yang sempat populer untuk pengantaran susu ataupun roti juga lahir dari tangan seorang Robert Loewy. Van multiguna ini juga sering digunakan sebagai ambulans atau pun kantor berjalan.

Sebagai peringatan atas karya-karyanya, pada tanggal 5 November 2013 bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 120, Google juga turut berpartisipasi menyumbangkan hasil desain fenomenalnya di kereta api, yaitu dengan menjadikan sketsanya sebagai Google Doodle, yang akan selalu tampil setiap halaman muka Google selama hari tersebut.

Hits: 212

Tinggalkan Balasan