Knalpot Terasa Bocor, Segera Perbaiki Agar Kinerja Mesin Kendaraan Tetap Maksimal

Knalpot Terasa Bocor, Segera Perbaiki Agar Kinerja Mesin Kendaraan Tetap Maksimal

Berita Terkini Tips

Knalpot Terasa Bocor, Segera Perbaiki Agar Kinerja Mesin Kendaraan Tetap Maksimal

MobilKomersial.com – Knalpot merupakan salah satu part yang sangat penting bagi motor. Keberadaannya ini sering kali dapat menjadi kebanggaan para pemiliknya. Menganti dengan yang racing hingga menimbulkan suara yang besar dari knalpot standard pabrikannya. Untuk itu, dibutuhkan juga perawatan knalpot agar tidak mengalami kebocoran. Bocornya knalpot dapat berdampak buruk pada kinerja mesin. Salah satunya adalah konsumsi tinggi bahan bakar.

Salah satu tanda kebocoran adalah terjadi perubahan suara kendaraan dari bunyi standar menjadi cempreng. Bila belum terlalu parah, biasanya pemotor yang tidak jeli kadang suka mengabaikan masalah ini. Kebocoran di knalpot padahal sangat rentan pada motor.

Menurut Ridwan, salah satu mekanik di Bengkel Rawa Motor, Rawamangun, jakarta Timur mengatakan kebocoran pada knalpot memang jarang terjadi kecuali ada benturan yang cukup keras yang bisa meninggalkan luka pada badan knalpot atau membuatnya terlepas dari pakingnya.

“Kalo knalpot cacat apalagi suaranya gak standar, sebaiknya langsung diperbaiki. Karena berpengaruh pada mesin. Motor akan berat dan boros,” kata Ridwan saat berbincang dengan MobilKomersial.com (10/1/2018).

Ia menambahkan biasanya kebocoran knalpot yang diakibatkan oleh paking ini dipengaruhi oleh usia motor itu sendiri atau karena adanya penggantian knalpot baru, karena kontur paking yang lama sudah penyok, maka terjadilah kebocoran, karena itu luangkan waktu untuk mengecek posisi knalpot.

Pengaruhnya pada konsumsi bahan bakar yang boros karena keluarnya campuran bahan bakar baru bersama sisa gas pembakaran secara baypass melalui kebocoran paking tersebut. Hal ini mengakibatkan BBM yang harusnya masih tertahan di knalpot ikut keluar bersama gas sisa pembakaran.

Cara mengatasinya cukup mudah, Silahkan diganti paking dengan yang baru, pemasangannya juga diperhatikan agar tidak ada pendobelan dengan paking lama, agar dudukannya lebih pas sehingga knalpot dapat berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan