Kini Sudah Ada Teknologi Kemudikan Kendaraan dengan Pikiran

Berita Terkini Mancanegara Teknologi

Kini Sudah Ada Teknologi Kemudikan Kendaraan dengan Pikiran

MobilKomersial.com Mengendalikan sebuah mobil dengan menggunakan pikiran? Mungkin Anda beranggapan hal tersebut hanya terjadi di sebuah adegan film saja. Tetapi nyatanya, sebuah tim peneliti di China telah mengembangkan teknologi mengendalikan mobil tanpa harus menyentuh kemudi maupun pijakan gas.

Tim peneliti dari Nankai University, Tianjin, China, tengah mengembangkan sebuah proyek yang hampir tak masuk dalam pikiran manusia. Tim peneliti itu menyebut, mereka mampu membuat mobil yang dapat dikontrol lewat pikiran.

Kuncinya adalah dengan menyematkan alat pendeteksi signal otak pada pengendara mobil. Alat pendeteksi itu tersusun dari 16 buah sensor, yang masing-masing bakal menangkap signal electroencephalogram (EEG) dari otak pengemudi.

“Intinya adalah memproses semua signal EEG yang terdeteksi. Semuanya dilakukan lewat komputer dengan memanfaatkan jaringan wireless,” terang salah satu peneliti, Zhang Zhao, seperti yang dilansir Reuters.

Lalu setelah signal EEG terdeteksi, kemudian diterjemahkan untuk memerintah mobil lewat sistem kontrol. Sehingga tiap gerakan mobil -maju, mundur, belok, dan berhenti-, akan selalu mengikuti arahan otak.

Bila peneliti berhasil membuat ini menjadi nyata, hal terbaiknya adalah para difabel dapat mengendarai sebuah kendaraan, karena metode penelitian ini adalah mengendarai kendaraan tanpa tangan dan kaki.

Akan tetapi peneliti masih enggan menyebut kapan teknologi ini bakal diluncurkan secara komersil.

Tinggalkan Balasan