Jepang Ujicoba Bus Listrik Tanpa Awak untuk Persiapan Olimpiade 2020

Berita Terkini Bus Mancanegara

jepangJepang, MobilKomersial – Pemerintah Jepang kini sedang menguji coba operasional bus tanpa awak yang kelak bus ini akan dipakai di ajang Olimpiade Dunia 2020 di Kota Tokyo, Jepang. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sudah menginstruksikan program ini dan bus tersebut sudah menjalani uji coba di Perfektur Akita.

Ujicoba bus ini dilakukan layaknya bus reguler yang sedang melayani penumpang. Namun dalam uji coba inim bus listrik tersebut hanya berjalan di rute sepanjang 400 meter bolak-balik di tepi Danau Tazawa di Kota Senboku, di Perfektur Akita, Minggu (13/11/2016). jepang-2

Selama ujicoba, bus ini juga mengangkut penumpang dan berhenti di titik pemberhentian yang ditentukan. Satu lagi, bus ini juga tidak dilengkapi kondektur. Bus ini bekerja dengan menggunakan berbagai sensor dengan sistem kendali jarak jauh. Mekanisme kerja bus mengacu pada panduan Global Positioning System (GPS). Di sejumlah titik di bus ini dipasangi kamera dan pintunya menggunakan sistem buka tutup otomatis.

Selama ujicoba, bus hanya melaju dengan kecepatan 10 km per jam.  Yang menarik, ujicoba awal ini dihadiri Menteri Kozo Yamamoto, Bus dapat dinaiki oleh 12 orang, hasil kolaborasi Kantor Kabinet Jepang, perusahaan DeNA dan Pemerintah Perfektur Akita.

 

Penulis : M. Arief

Tinggalkan Balasan