India Siap Wajibkan Kabin Sopir Bus dan Truk Pakai AC

India Siap Wajibkan Kabin Sopir Bus dan Truk Pakai AC

Berita Terkini Bus & Truk Mancanegara

India Siap Wajibkan Kabin Sopir Bus dan Truk Pakai AC

New Delhi, MobilKomersial.com – Pemerintah India sedang mengkaji regulasi baru yang akan mewajibkan semua kabin pengemudi bus dan truk harus menggunakan AC. Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari dikutip Busworld mengatakan, regulasi ini akan diberlakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, terutama yang melibatkan kedua jenis kendaraan komersial tersebut.

Situs India Times.com menyebutkan, setiap jam rata-rata ada 16 orang meninggal sia-sia di jalan raya akibat kecelakaan di sepanjang 2015 lalu. Angka itu sedikit menurun jika dibandingkan selama 2014.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Data yang dirilis National Crime Records Bureau (NCRB) India menyebutkan, kebiasaan mengemudi dalam kecepatan tinggi serta gaya mengemudi ugal-ugalan menjadi pemicu utama kecelakaan. Kecelakaan melibatkan kendaraan roda dua versus truk mencapai setengah dari total angka kecelakaan yang terjadi di India selama ini.

NRCB mencatat, ada 13.787 pengendara sepeda motor mati sia-sia di jalan raya, dan 23.529 orang ikut tewas akibat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan truk.

Menurutnya, inisiatif ini diharapkan bisa menekan hingga 50 persen angka kecelakan di India setiap tahunnya, kelak jika sudah diberlakukan. Menurutnya, semua pihak perlu menaruh perhatian pada rekayasa jalan raya, demi menekan angka kecelakaan. Bisa jadi, kalau kabin bus dan truk adem, gaya nyetir pengemudinya juga akan ikut adem.

Menarik. Kira-kira apakah regulasi seperti ini juga cocok diterapkan di Indonesia? Mengingat gaya mengemudi sopir bus dan truk di dua negara ini tak jauh berbeda. Bagaimana pendapat Anda?

 

Hits: 180

Tinggalkan Balasan