Hantam Jalan Rusak Dan Berlubang Dapat Berpotensi Kerusakan Pada Kendaraan Anda

Hantam Jalan Rusak Dan Berlubang Dapat Berpotensi Kerusakan Pada Kendaraan Anda

Berita Terkini Tips

Hantam Jalan Rusak Dan Berlubang Dapat Berpotensi Kerusakan Pada Kendaraan Anda

MobilKomersial.com – Terkadang kita suka menemui jalanan yang berlubang akibat tergerus air hujan. Tapi, apakah anda tahu bahwa jalan berlubang bisa mengakibatkan mobil Anda bermasalah? Ternyata kendaraan yang kerap kali menghantam lubang, dapat berpotensi mengalami kerusakan di beberapa titik.

Jika kondisi rusak tersebut tidak segera diketahui dan ditindak lanjuti dapat mengganggu fungsi safety dari kendaraan tersebut. Komponen yang rawan rusak yaitu ban, pelek, lower arm, ball joint, shock-absorder atau bushing arm, dan bearing roda.

Gejala Kerusakan

Lantas bagaimana mengetahui gejala kerusakan komponen mobil Anda setelah melewati hantaman jalan berlubang? Gejala-gejala kerusakan komponen mobil bisa dikenali secara visual, misalnya kita lebih peka merasakan kondisi mobil setelah terjadi hantaman lubang. Berikutnya, kita harus mencermati perubahan fisik ke komponen yang paling rawan terjadi kerusakan yaitu ban dan pelek.

Biasanya, ban akan terjadi benjolan dan pelek tidak rata lagi. Hal ini terjadi jika hantaman seringkali terjadi. Menilik pernyataan dari Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda. “Paling sering rusak adalah ban dan pelek, biasanya ban bisa dilihat jadi ada benjolan atau pelek yang bisa jadi tidak rata lagi. Kerusakan lainnya paling sering di lower arm dan ball joint. Ini pun kalau sering terkena lubang apalagi kondisi yang ekstrem,” jelasnya.

Apabila ban dan pelek menunjukkan gejala kerusakan, maka harus segera ditindaklanjuti karena komponen ini akan mempengaruhi kerja komponen lain seperti shock-absorder atau bushing arm.

Gejala-gejala lain yang bisa dikenali adalah keluarnya bunyi-bunyi tidak biasa dari bagian kaki dan mobil tidak stabil lagi. Cara uji paling mudah, bisa dilakukan dengan cara mengendarai mobil di jalan yang rata dan lurus (jalan bebas hambatan), lepaskanlah genggaman tangan dari lingkar kemudi, tapi ingat jarak tangan dengan kemudi jangan terlalu jauh agar bisa cekatan ketika terjadi sesuatu. Bila ada kerusakan pada komponen mobil, biasanya mobil akan bergerak sendiri ke kanan dan ke kiri. Dan jika hal ini terjadi, maka perlu ada pemeriksaan yang lebih lanjut.

Adapun komponen lain yang rawan mengalami kerusakan adalah bearing roda yang menjadi bantalan as roda untuk berputar. Meskipun, sebenarnya komponen ini pada umumnya memiliki daya tahan mencapai usia 100.000 kilometer. Tapi, tekanan kuat yang ditimbulkan oleh hantaman lubang akan membuat bearing mengalami perpendekan usia pakai.

Hantam Jalan Rusak Dan Berlubang Dapat Berpotensi Kerusakan Pada Kendaraan Anda
foto. Istimewa

Tinggalkan Balasan