Cara Mengisi Bahan Bakar Sendiri di SPBU “Self Service”.

Berita Terkini Tips
self service
Istimewa

Cara Mengisi Bahan Bakar Sendiri di SPBU “ Self Service ”.

MobilKomersial.com –  Apakah sudah ada yang pernah melakuakan pengisian bahan bakar self service di SPBU?, beberapa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) saat ini sudah melakukan sistem pengisian bahan bakar dengan pelayanan mandiri atau disebut  “Self Service”. Banyak orang yang belum mengerti cara melakukan pelayanan mandiri ini. Kurangnya sosialisasi dan petunjuk menjadikan orang kebingungan,walaupun secara teknis tidak serumit seperti yang kita bayangkan.

Mari ketahui cara yang baik dalam melakukan pengisian bahan bakar “self service”. Berikut adalah langkah-langkah pengisian bahan bakar “self service” :

  1. selfserviceAntre menuju loket kasir sebelum melakukan pengisian.
  2. Seletelah sampai di loket kasir, ada petugas SPBU yang akan bertanya tentang jumlah dan bahan bakar yang akan di isi. Lalu Anda akan mendapatkan struk untuk proses scan barcode di mesin pengisian.
  3. Setelah mendapatkan struk, silahkan menuju mesin pengisian yang kosong sesuai dengan jenis bahan bakar yang ingin diisi.
  4. Scan barcode yang ada di struk di mesin pengisian. (ada tulisan scan disini)selfservice
  5. Pastikan struk ter scan dengan benar dan sampai terdengar bunyi tertentu, tanda proses scan berhasil.
  6. Pastikan angka di mesin pengisian menunjukan angka 0, lalu angkat gagang nozzle dan arahkan ke tangki kendaraan Anda.
  7. Jika sudah selesai, kembalikan gagang nozzle kembali kemesin pengisian.

Dan begitu lah cara “self service” di SPBU. Namun harus diperhatikan, scan barcode terlebih dahulu sebelum mengangkat gagang nozzle. Karena kalau gagang Nozzle diangkat sebelum barcode ter scan sempurna, maka bahan bakar tidak akan keluar dari mesin.

Jangan terburu-buru saat melakukan pengisian, beri jarak nozzle dengan batas dasar  didalam tangki, karena bila nozzle sampai menempel dengan dasar tangki akan menyebabkan bahan bakar menyembur keluar.

Demikian tata cara penisian bahan bakar “self service” di SPBU menurut tim Mobilkomersial.comselfservice

1 thought on “Cara Mengisi Bahan Bakar Sendiri di SPBU “Self Service”.

Tinggalkan Balasan