lajur khusus Bus di tol Jakarta-Cikampek

BPTJ Segera Lakukan Penerapan Lajur Khusus Bus di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Berita Terkini Bus Bus & Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) siap menerapkan lajur khusus bus di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Penerapan itu sesuai instruksi dari Kementerian Perhubungan (Kemhub) RI, dengan tujuan agar masyarakat beralih menggunakan jasa angkutan umum. Upaya ini juga sebagai salah satu cara yang dilakukan pemerintah guna mengurai kemacetan yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan saat ini telah mempersiapkan sebanyak 300 unit bus yang akan mengisi lajur khusus bus di jalan tol tersebut. “Kami sudah menyiapkan 300 unit bus, supaya orang pindah ke angkutan umum. Selain itu jadi alternatif dari penerapan kebijakan pemerintah dalam rangka mengurai macet di Tol Jakarta-Cikampek, yaitu penerapan sistem ganjil-genap bagi kendaraan pribadi,” katanya seusai rapat di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (30/1).

Menurut Bambang, Selain menjamin ketersediaan ratusan armada, Bambang juga meyakinkan bahwa kualitas angkutan massal yang akan beroperasi terjamin lantaran pihaknya sendiri telah menetapkan key performance index (KPI).

“KPI-nya itu poin ke poin misal dari Bekasi Barat hingga Senayan kita tidak boleh lebih dari 1,5 jam,” pungkas Bambang.

Sementara itu Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Heri Trisaputra Zuna mengatakan lajur khusus bus akan berlangsung mulai pukul 06:00-09:00.

“Jadi, jam 6 hingga 9 pagi di lajur satu hanya boleh untuk bus. Setelah jam 9 baru boleh dipakai kendaraan lain,” kata Heri dikutip dari Kontan.

Heri menuturkan, penjadwalan ini juga akan terintegrasi dengan penerapan pembatasan truk. Di mana truk tidak boleh melintasi Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06:00-09:00 , sama dengan penerapan Bus di lajur khusus.

Tinggalkan Balasan