Scania_truk listrik

Beginilah Teknologi Elektrifikasi Powertrain Bus dan Truk Scania

Berita Terkini Bus & Truk Mancanegara Teknologi

Beginilah Teknologi Elektrifikasi Powertrain Bus dan Truk Scania

MobilKomersial.com — Scania memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan yang melibatkan truk dan bus listrik. Kolaborasi dengan legislator, pemasok infrastruktur, pembangun grid dan perusahaan listrik sangat penting untuk elektrifikasi untuk siap digunakan.

Pada bulan Juni 2016, jalan raya listrik pertama di dunia diresmikan di Swedia. Di sini, Nils-Gunnar Vågstedt, yang memimpin penelitian Scania mengenai teknologi elektrifikasi, menguraikan proyek tersebut. Vågstedt juga menyoroti alasan untuk elektrifikasi dan usaha Scania di bidang ini.

Teknologi elektrifikasi Powertrain berjanji untuk secara signifikan meningkatkan fungsionalitas dan efisiensi biaya.

Beberapa aplikasi untuk kendaraan listrik sedang dikembangkan, termasuk pengisian terus menerus sepanjang jalan raya listrik dan pengisian nirkabel di jalan untuk bus. Perkembangan ini didorong oleh inisiatif politik dan permintaan pasar yang meningkat. Semua aktor yang terlibat adalah pemerintah kota, akademisi, pemasok listrik, infrastruktur dan produsen kendaraan harus bekerja sama untuk memahami peluang ini.

Truk bertenaga listrik mampu mengurangi emisi bahan bakar fosil hingga 80 hingga 90 persen dan konsumsi energi hingga 50 persen atau lebih. Pada tahun 2016, Scania telah menguji teknologi ini dalam kondisi kehidupan nyata di sebuah jalan listrik di Swedia.

Sebagai bagian dari proyek Gävle Electric Road Swedia, Scania telah melakukan uji coba truk di sebuah bagian listrik dari jalan raya E16 di luar kota Gävle, beberapa jam di sebelah utara Stockholm. Program ini bertujuan untuk mendemonstrasikan dan mengevaluasi kelayakan dan efektivitas teknologi jalan listrik. Truk yang sedang berjalan akan menerima tenaga listrik melalui kolektor daya pantograph di atapnya yang kemudian dihubungkan dengan kabel listrik di atas. Truk-truk tersebut dilengkapi dengan powertrain hibrida listrik yang dikembangkan oleh Scania.

Baca Juga : Ajang Busworld Kortrijk Akan Hadir Di Indonesia

Proyek Gävle Electric Road adalah usaha kerjasama antara bisnis Swedia dan juga otoritas pemerintah. Trafikverket, Energimyndigheten (Badan Energi Swedia), agen inovasi Swedia Vinnova, Scania, dan Siemens adalah pemodal utama, dan Region Gävleborg mengkoordinasikan proyek tersebut.

Scania telah menjadi perusahaan pertama di Skandinavia untuk menguji bus kota hibrid listrik tanpa kabel. Bus mulai beroperasi di jalan-jalan di Södertälje, Swedia, pada akhir 2016 sebagai bagian dari proyek penelitian. Teknologi ini memungkinkan stasiun pengisian daya untuk mengisi ulang kendaraan secara nirkabel dari permukaan jalan hanya dalam waktu 6 sampai 7 menit, yang memungkinkan bus menempuh seluruh rute menggunakan listrik terbarukan.

Proyek penelitian bus kota yang dapat dioperasikan secara nirkabel adalah kerjasama antara Scania, kotamadya Södertälje, KTH (Royal Technical College), SL (otoritas transportasi Stockholm), Vattenfall dan dibiayai oleh Swedish Energy Agency.

Uji coba baterai bus listrik

Scania memulai tes lapangan pertamanya untuk mendapatkan bus listrik baterai di kota Swedia utara, Östersund. Tiga bus LF City City akan beroperasi mulai akhir 2017 dengan tambahan tiga bus ditambahkan pada awal 2019.

“Östersund, dengan iklim musiman musim dingin dan musim panas yang cukup hangat, adalah lokasi yang ideal untuk menguji kinerja dalam operasi sebenarnya,” kata Anna Carmo e Silva, Kepala Bus dan Pelatih Scania. “Percobaan merupakan tahap awal dalam pengembangan bus listrik yang terus berjalan.”

Hits: 261

Tinggalkan Balasan