Aptrindo Setuju Dengan Tilang Elektronik

Tilang Elektronik

Aptrindo Setuju Dengan Tilang Elektronik

MobilKomersial.com – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mendukung rencana pemerintah menerapkan ‘Tilang Elektronik’ bagi kendaraan angkutan barang yang melanggar Jumlah Berat Yang Diijinkan (JBI) / over load dan kelebihan ukuran / over dimensi.

Ketum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan di Jakarta, Kamis (4/1/2018) mengatakan alasan Aptrindo mendukung sistem Tilang Elektronik. Karena dengan sistem ini kesempatan oknum petugas ‘bermain’ jadi tertutup, prosesnya lebih cepat dan muatan angkutan barang sesuai ketentuan.

Harapan selanjutnya tentu kerusakan jalan akan menjadi berkurang sehingga pemerintah dapat menghemat biaya pemeliharaan jalan, tegas Gemilang Tarigan seraya menambahkan Tilang Elektronik ini sempat disinggung dalam rapat koordinasi di Kemenhub, kemarin.

Namun, tambah Gemilang, penerapan Tilang Elektronik’ ini belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat karena perlu membangun sistem IT nya dulu di Jembatan Timbang mau pun Terminal.

Sebab menurut UU Lalulintas dan Angkutan Jalan (UU No 22 /2009 penyidik PNS (Kemenhub) hanya boleh melakukan penindakan di Jembatan Timbang dan Terminal. Di luar tempat tersebut harus didampingi polisi.

Untuk melaksanakan Tilang Elektronik perlu dilengkapi sistim IT yang menyimpan data kendaraan, jenis muatan, berat kendaraan, jenis pelanggaran, termasuk alat pendeteksi kendaraan.

Kalau semua perlengkapan sudah siap baru dilakukan tilang secara otomatis dan data data tadi dilaporkan ke Dirjen Hubdar, ujar Tarigan.

Di sisi lain, ujar Tarigan kalau semua angkutan barang tidak ada lagi yang melakukan over load mau pun over dimensi risiko tak dapat dihindari kenaikan ongkos angkut.

Bicara kenaikan ongkos angkut yang paling berat dampaknya yaitu jenis barang yang Berat Jenisnya (BJ) tinggi tapi nilai jualnya rendah, tambah Tarigan.Tilang Elektronik

Sumber: beritatrans.com

Hits: 153

Tinggalkan Balasan