2018 Jadi Awal Produksi Bus “Elec City” Hyundai

2018 Jadi Awal Produksi Bus "Elec City" Hyundai

Seoul, MobilKomersial.com – 2018 Jadi Awal Produksi Bus “Elec City” Hyundai. Setelah tampil perdana di publik pada tahun 2010 silam, Hyundai Motor rencananya akan resmi memproduksi dan memasarkan bus listriknya mulai tahun 2018 di negara asalnya, Korea Selatan. Bus listrik yang diberi nama “Elec City” itu pernah tampil kedua kalinya dalam ajang Hyundai Truck & Bus Mega Fair di ‘Negeri Ginseng’ beberapa bulan lalu. Selain dipasarkan di Korea Selatan sendiri, bus listrik ini juga akan dipasarkan ke mancanegara.

bus listrik

Bus listrik buatan Hyundai ini membenamkan baterai ion-lithium polimer 256 kWh yang mengirim tenaganya ke motor listrik 240 kW. Dengan daya sebesar itu, Elec City mampu menempuh jarak total 260 km dalam sekali isi baterai dalam kondisi full yang hanya membutuh lama pengisian satu jam dengan teknologi pengisian cepat (fast charging). Ini berarti bus listrik tersebut memiliki jarak tempuh 100 km lebih jauh dibanding mobil listrik Hyundai Ioniq.

Selain fitur pengisian cepat, bus ini disematkan juga fitur-fitur keamanan dan hiburan yang beragam. Di antaranya ialah Around View Monitor serta Full Color Digital Cluster.

7 tahun silam

Hyundai pertama kali memamerkan bus listriknya kepada publik tujuh tahun lalu, namun belum sampai tahap komersialisasi produk karena harga jualnya yang dianggap masih terlalu mahal. Saat ini, produsen bus listrik terbesar di dunia adalah BYD Auto dari China. Perusahaan ini sudah mengekspor banyak bus listrik ke berbagai negara, termasuk ke Eropa.

Korea

Di Korea, BYD Auto sudah merintis pasar dengan mendirikan basis di Pulau Jeju dan dalam waktu dekat akan memperkenalkan bus listriknya, K9, di pasar Korea. Bus ini diklaim mampu menempuh jarak lebih dari 300 km dengan sekali proses pengisian baterai.

Hits: 88

Tinggalkan Balasan