100 Truk Terjaring Operasi Gabungan karena Muatan Overload di Tol Cikampek

100 Truk Terjaring Operasi Gabungan karena Muatan Overload di Tol Cikampek

Berita Terkini Transportasi

100 Truk Terjaring Operasi Gabungan karena Muatan Overload di Tol Cikampek

Sebanyak 100-an truk berbagai tipe terjaring dalam operasi razia gabungan yang digelar bersama oleh Jasa Marga bersama kepolisian di hari keempat operasi yang digelar Rabu (24/1/2018) lalu di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Ruas Jalan Tol Jagorawi. Truk-truk tersebut kemudian ditindak karena ketahuan membawa muatan berlebih alias overload.

Dari total 100 kendaraan yang melakukan pelanggaran di dua ruas jalan tol tersebut, sebanyak 73 kendaraan ditertibkan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dan 27 sisanya merupakan kendaraan muatan besar yang melanggar di Ruas Jalan Tol Jagorawi.

Dari 73 kendaraan bermuatan besar yang ditertibkan di area parking bay Km 59 arah Cikampek dan Km 58 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, 67 kendaraan melanggar batas maksimal berat atau overload, dan 6 kendaraan sisanya ditilang karena overdimensi.

Sedangkan dari 27 kendaraan bermuatan besar yang terjaring di Pool Km 21 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jagorawi, 19 kendaraan kedapatan overload, dan 8 kendaraan ditertibkan akibat tidak memiliki kelengkapan surat-surat.

General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Jagorawi Roy Ardian Darwis mengatakan, kendaraan muatan barang yang overload merupakan salah satu penyebab terbesar terhadap kerusakan konstruksi jalan.

“Efek dari adanya kendaraan muatan barang yang overload seringkali menjadikan konstruksi jalan rusak. Selain itu, kecepatannya yang di bawah rata-rata dapat menyebabkan kemacetan. Sebagai salah satu pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), operasi terhadap kendaraan overload seperti ini akan diadakan rutin tiga bulan sekali,” papar Roy di lokasi operasi Km 21 Ruas Jalan Tol Jagorawi.

Roy berharap, dengan digelarnya operasi terhadap kendaraan bermuatan lebih ini dapat mengurangi angka pelanggaran lalu lintas di jalan tol, terutama untuk kendaraan angkutan barang yang overload, underspeed, dan overdimensi.

Penulis: Arifandi

Tinggalkan Balasan