home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Mancanegara Mercedes-Benz Produksi Bus Listrik Citaro Mulai Tahun Depan

Mercedes-Benz Produksi Bus Listrik Citaro Mulai Tahun Depan

Mercedes-Benz Produksi Bus Listrik Citaro Mulai Tahun Depan

Stuttgart, MobilKomersial.com – Pabrikan bus Jerman, Mercedes-Benz, akan mulai memproduksi bus kota listrik Citaro mulai tahun depan. Bus Citaro listrik ini saat ini sedang menjalani uji tes jalan setelah sebelumnya Mercedes-Benz memperkenalkan prototipe busnya ke publik dan media.

Uji performa bus ini dilakukan Mercedes-Benz di medan ekstrem, yakni dengan kondisi cuaca sangat panas di Sierra Nevada, Spanyol dan di daerah bersuhu sangat dingin di Arctic.

Bus Listrik Citaro
Bus Listrik Citaro (foto istimewa)

Citaro terbilang bus kota yang sukses meraup penjualan di dunia. Sampai saat ini, Mercedes-Benz sukses menjual 50.000 unit bus Citaro di berbagai negara. Di Asia, bus kota ini antara lain dioperasikan di Singapura. Bus listrik Citaro dijdwalkan akan diluncurkn pertama kali versi produksi massalnya di ajang Pameran Kendaraan Komersial IAA di Kota Hannover, Kanada, bulan September 2018.

Mercedes-Benz merancang baterai ion lithium modular di bus ini dengan ukuran berbeda untuk berbagai kebutuhan yang berbeda pula sehingga bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan operator. Mercedes-Benz memproduksi bus kota Citaro versi listrik menggunakan basis bus Citaro versi mesin diesel konvensional.

Electric wheel hub motor di bus ini ditempatkan di axle belakang dan terbukti paling pas seperti hasil uji coba Mercedes-Benz pada bus Citaro G Blue Tec Hybrid yang telah diproduksi sebelumnya. Bus listrik Citaro ini sudah dilengkapi dengan teknologi thermal management untuk menurunkan konsumsi energi cukup drastis.

 

Penulis: Ariefandi

One thought on “Mercedes-Benz Produksi Bus Listrik Citaro Mulai Tahun Depan

Tinggalkan Balasan