Mengenal Minitrans, Moda Angkutan Baru di DKI Pengganti Metromini

Mengenal Minitrans, Moda Angkutan Baru di DKI Pengganti Metromini

Berita Terkini Transportasi

MobilKomersial.com – Pemerintah DKI Jakarta bersama Transjakarta akan melakukan peremajaan angkutan kota jenis Metromini dan menggantinya dengan Minitrans. Bus ukuran sedang ini akan dihadirkan di DKI Jakarta sebanyak 300 unit. Bus-bus ini akan ditawarkan kepada pengusaha angkutan pemilik Metromini untuk dibeli dengan skema cicilan, bekerja sama dengan Bank BNI Syariah.

Harga satu unit Minitrans ini sekitar Rp 500 jutaan menggunakan mesin Mitsubishi Canter. Sementara, unit bus Metromini lama milik pengusaha angkutan yang dijual akan dibeli dan dihargai Rp 10 juta per unit. Bus-bus Metromini tua ini selanjutnya akan dipreteli dan dihapus. Mesinnya diambil untuk disumbangkan sebagai alat praktik di sekolah-sekolah kejuran.

Minitrans

Seperti apa sih wujud detil Minitrans ini? Bus ini prototipenya pernah dipamerkan di pameran bus dan truk IIBT 2017 bulan April 2017 lalu di Kemayoran, Jakarta.

Dengan ukuran kabinnya yang sedang, Minitrans diklaim sebagai Metromini versi Transjakarta. Bus ini akan dioperasikan di jalan-jalan yang lebih sempit dan tidak bisa dijangkau bus Transjakarta ukuran besar di DKI Jakarta. Setiap unit bus Minitrans dilengkapi dengan pendingin kabin atau air conditioner (AC) dan semua kursi penumpang menghadap ke depan.

Bus-bus Minitrans ini diproyeksikan mulai beroperasi di DKI bulan Agustus 2017. Karoseri New Armada, Magelang, ditunjuk sebagai perusahaan karoseri yang memproduksi bus ini.mengenal minitrans

 

Hits: 129

Tinggalkan Balasan