Masyarakat Indonesia Lebih Minati Mobil Bekas Dari Pada Mobil Baru

Masyarakat Indonesia Lebih Minati Mobil Bekas Dari Pada Mobil Baru

Masyarakat Indonesia Lebih Minati Mobil Bekas Dari Pada Mobil Baru

Jakarta, MobilKomersial.com Berapa total penjualan mobil bekas per tahun di Indonesia? Ternyata tidak ada data acuan pastinya. Gabungan industri otomotif roda empat, Gaikindo, sejauh ini juga tidak pernah mempublikasikan berapa volume penjualan mobil bekas di Tanah Air. Namun, riset yang pernah dilakukan oleh jaringan penjualan mobil bekas, Mobil 88, setidaknya memberikan sedikit deskripsi mengenai hal tersebut.

Halomoan Fischer, Chief Operation Mobil 88 mengatakan, pihaknya pernah dua kali melakukan riset dengan melibatkan dua lembaga riset berbeda. Dari hasil riset pertama diperoleh data bahwa total volume penjualan sama dengan volume penjualan mobil baru di Indonesia. Sementara, dari hasil riset kedua, diperoleh data volume penjualan mobil bekas mencapai 1,5 kali angka penjualan mobil baru.

“Selama ini tak ada data pasti berapa data penjualan mobil bekas secara nasional,” kata Fischer.

Bisnis mobil bekas di Indonesia saat ini menghadapi banyak tantangan. Misalnya terkait dengan kondisi asli mobil yang dijual dan aspek hukumnya. “Di bisnis penjualan mobil bekas, banyak pemain yang perilakunya menyeramkan. Misalnya, menjual mobil bekas kecelakaan parah yang kemudian direkondisi. Harus dipahami, membeli mobil bekas pakai memberi impact pada risiko pada pembeli yang kemudian memakainya,” ujar Halomoan.

Problem lain yang dihadapi adalah persoalan hukum menyangkut mobil bekas yang dibeli dari penjual lalu oleh Mobil 88 dilepas ke konsumen. Dia mencontohkan pengalaman Mobil 88 membeli mobil bekas pakai yang ternyata mobil tersebut oleh pemilik pertama dibeli dari uang hasil kejahatan korupsi.

“Kami pernah beli dua unit mobil, Honda City dan Honda CRV. Setelah kami beli lalu kami jual ke pembeli, ternyata datang petugas KPK menanyakan keberadaan mobil tersebut untuk disita. Ternyata mobil tersebut, saat dibeli baru dari dealer, ternyata uangnya dari hasil tindak kejahatan (uang hasil korupsi),” ujar Halomoan Fischer.

Halomoan mengklaim Mobil 88 saat ini masih menjadi market leader (pemimpin pasar penjualan mobil bekas) dengan volume ata penjualan mencapai 20.000. Angka tersebut merupakan capaian penjualan selama 2014  yang berasal dari semua cabang Mobil 88. Mobil 88 saat ini memiliki jaringan 17 cabang di 9 kota.

One Reply to “Masyarakat Indonesia Lebih Minati Mobil Bekas Dari Pada Mobil Baru”

Tinggalkan Balasan