Komponen Motor Rawan Mogok saat Hujan

image-mobkom-Lampu Motor Harus Berfungsi Optimal Saat Musim Hujan

Jakarta, MobilKomersial.com – Komponen kelistrikan dan mesin motor rawan terkena air pada musim hujan, sehingga antisipasi lebih dibutuhkan pemotor.

Beberapa komponen rawan itu antara lain busi, karburator, soket koil rantai, gir dan CDI. Untuk itu mungkin antisipasi awal dan cara mengatasi masalah ini perlu diketahui mobkomers.

Tutup skep atau kabel gas dan karburator karena ada celah yang bisa menjadi akses air ke karburator sehingga motor bisa membuat motor mogok.

Lindungi soket koil saat hujan, khususnya kabel positif yang rawan terkena air. Bila air masuk ke sambungan kabel, maka motor akan mogok

Pada saat motor melibas genangan atau melaju di tengah guyuran hujan, satu soket kabel, khususnya kabel positif, rawan terkena air. Bila air masuk ke sambungan kabel, maka motor akan mogok.

Jauhi genangan karena lubang. Jika motor melibas lubang dengan hentakan keras terus-menerus rantai akan longgar akibat paling ekstrem rantai putus dan merepotkan perjalanan.

Rantai yang kendur berdampak pada ausnya mata gir karena gesekan rantai yang tidak pakem dengan gir. Bila itu terjadi, maka rantai mudah lepas atau los.

Lindungi soket Capasitor Discharge Ignition (CDI), komponen ini adalah jantung pembakaran di ruang bakar mesin. Bila komponen itu rusak atau tak berfungsi karena soketnya terkena air, maka bisa dipastikan motor mogok.

Baca Juga : Pembersihan Ruang Bakar Pada Mobil Menggunakan Wealthy Injector & Combustion Chamber Cleaner

Hits: 133

Tinggalkan Balasan