home Berita Terkini, Bus & Truk, Transportasi Ini Standar Operasi Truk Angkutan Bahan Kimia

Ini Standar Operasi Truk Angkutan Bahan Kimia

Standar Operasi Truk Angkutan Bahan Kimia

Jakarta, MobilKomersial.com – Kendaraan komersial atau truk yang digunakan sebagai pengangkut bahan kimia memiliki resiko yang sangat tinggi dijalanan karena mudah terbakar dan sangat berbahaya.

Pengangkutan bahan kimia berbentuk padat umumnya dilakukan dalam wadah kemasan tong tong plastik atau drum yang disegel khusus. Untuk bahan cairan umumnya menggunakan botol atau jerigen yang kuat.

Khusus untuk bahan cairan dapat juga diangkut dalam jumlah besar menggunakan sarana lain. Sebagai contoh bahan bakar minyak dapat diangkut menggunakan tangki yang diangkut dengan truk atau kereta api.

APTRINDO Inginkan Pemerintah Revisi UU Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Umum

Mengingat bahaya dari bahan kimia yang diangkut tentu saja harus ada standar operasional yang harus ditaati. Mulai dari jenis dan perawatan truk tangki itu sendiri, kemudian pengemudi yang membawa truk tangki tersebut.

Truk tangki akan bercampur dijalan karena menggunakan jalan raya umum dengan demikian pengemudi harus berhati-hati. Truk tangki yang memuat bahan kimia harus memasang informasi jenis bahan kimia yang dibawa. Biasanya tulisan nama bahan ini dituliskan dalam tabung tangki ini secara jelas baik di bagian samping ataupun di bagian belakang.

Untuk beberapa bahan kimia secara khusus, truk tangki dilengkapi dengan lampu isyarat khusus yang harus diaktifkan saat mengangkutnya. Pengemudi truk tangki yang memuat bahan kimia seperti ini tentunya tidak boleh mengemudikan secara ugal-ugalan untuk menghindari kecelakaan.

Bagi pengguna jalan, dengan lebel pada tangki truk dan pemasangan informasi bahan kimia serta pengaktifan lampu isyarat khusus, tentunya memberikan isyarat untuk berhati-hati saat melintasinya atau bertemu di ruas jalan.

Tinggalkan Balasan