Hendro Darmojuwono Pemilik PO. Safari Dharma Raya

Hendro Darmojuwono Pemilik PO. Safari Dharma Raya (2)

Berita Terkini Bus Bus & Truk Profil

Hendro Darmojuwono Pemilik PO. Safari Dharma Raya (2)

Jakarta, MobilKomersial.com – Safari Dharma Raya atau OBL adalah salah satu perusahaan otobus yang melayani rute AKAP dan pariwisata di Indonesia. OBL bahkan dikenal sebagai perusahaan yang telah banyak makan asam garam dalam dunia perbusan tanah air.

Namun masyarakat sekarang sudah bisa memilih alternatif transportasi yang akan digunakan. Ada mobil pribadi, Ada kereta api, pesawat udara yang menawarkan harga ekonomis. Hal ini tentunya berdampak pada penumpang bus ,”sekarang jalan darat naik bus sudah bukan pilihan utama,” lirihnya.

Namun itu semua bukan alasan untuk menyerah begitu saja pada keadaan. Sebisa mungkin Hendro berupaya mempertahankan bisnis bus malamnya yang menurutnya juga masih memiliki pasar yang lumayan.

“Kami harus bertahan, walau dengan melakukan perubahan-perubahan menyesuaikan keadaan” ujarnya optimis.

Baginya, bertahan di bisnis jasa transportasi selain menghargai jerih payah orangtuanya yang telah membangun Safari Dharma Raya, ia juga melihat usahanya ini tidak selalu harus dikaitkan dengan untung rugi. Usaha di bidang ini ada unsur sosialnya seperti mengantar seseorang dengan gratis. Hendro juga mengaku harus melakukan pengembangan demi usaha keluarganya ini dapat bertahan.

Untuk itu, ia melirik bus karyawan dan melakukan ekspansi perusahaan ke daerah sulawesi dan kalimantan sejak beberapa tahun belakangan ini. Dan juga melakukan penambahan rute baru sesuai dengan permintaan pasar.

Safari Dharma Raya memiliki rute terpanjang, yakni Jakarta-Bima yang telah beroperasi sejak 1996. Dan hingga saat ini pengguna jasa Safari Dhama Raya jurusan Bima masih sangat bagus. Sementara itu untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang, Safari memiliki kelas super eksekutif untuk jurusan Jakarta – Yogyakarta. Selebihnya Safari Dharma Raya hanya memiliki dua kelas, yakni kelas eksekutif dengan 22 seat dan non-ac yang memiliki 30 seat.

 

Bagi yang pernah menaiki bus Safari Dharma Raya, tentu sudah mengetahui rekam jejak bus malam ini. Gaya mengemudi sopirnya yang tidak ugal-ugalan, hal ini disebabkan pihaknya melakukan rekrutmen sopir yang baik dengan menentukan kriterianya seperti periksa kesehatan, usia, tes tertulis, lisan dan praktik mengemudi.

“Tentunya yang terpenting adalah penumpang harus selamat sampai di tujuan,” pungkas Hendro yang memiliki 500 karyawan ini.

Hendro Darmojuwono Pemilik PO. Safari Dharma Raya

 

Tinggalkan Balasan