home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Teknologi Enaknya Naik Bus Sekolah di Denpasar, Selain Gratis Kini Disediakan Aplikasi Si Bused

Enaknya Naik Bus Sekolah di Denpasar, Selain Gratis Kini Disediakan Aplikasi Si Bused

Denpasar, MobilKomersial.com – Enaknya Naik Bus Sekolah di Denpasar, Selain Gratis Kini Disediakan Aplikasi Si Bused. Setelah resmi meluncurkan Bus Sekolah gratis pada pertengahan november silam, Pemerintah Kota Denpasar turut merilis aplikasi yang bernama ‘Si Bused’.meluncurkan bus sekolah gratis untuk para siswa SD sampai SMP se-Kota Denpasar. Aplikasi yang ditujukan untuk para siswa dan orang tua itu dirancang dan dibuat oleh tim STIKOM Bali yang diketuai oleh I Ketut Dedy Suryawan, S.Kom., M.Kom., bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Denpasar.

Seperti dikutip dari beritadewata.com pada Kamis (30/11) lalu, Dedy Suryawan mengatakan, nama aplikasi Si Bused ini diambil dari akronomi Sistem Informasi Bus Sekolah Denpasar. Disebutkan, aplikasi Si Bused ini memiliki fitur seperti Trayek Bus, Video Streaming, Info Siswa, Info Bus, Galeri, Laporan, dan Hubungi Kami.

“Aplikasi ini ada dua sistem, yakni berbasis android dan web. Untuk android bermanfaat untuk para pelajar dan orang tua, sedangkan berbasis web bermanfaat untuk operator,” kata Dedy menjelaskan.

Dedy menambahkan, fitur Trayek Bus memudahkan para siswa memonitor pergerakan bus. “Jadi fitur ini sama seperti kita memesan angkutan online,” terangnya.

Pantau Siswa Lewat Fitur Video Streaming

Dan para orang tua juga tak perlu khawatir untuk memantau anaknya. Dengan fitur CCTV maupun video streaming, orang tua bisa memonitor anaknya sudah di dalam bus atau belum.

Sementara fitur Info Siswa berguna untuk mengetahui pelajar siapa yang tidak hadir, dengan begitu pengemudi tidak perlu menunggu. Sedangkan Info Bus untuk mengetahui siapa pramudi (sebutan untuk supir) dan siapa pramujasa (sebutan untuk kondektur).

“Lengkap dengan nomor telepon sopir dan kondekturnya. Jadi kalau orang tua ingin mengetahui kabar anaknya di dalam bus, bisa berkomunikasi langsung dengan pramudi atau pramujasa,” papar Dedy.

Seperti diketahui sebelumnya, selain tidak dipungut biaya, para siswa yang menumpang bus ini sudah otomati mendapat asuransi. Selain itu, bus sekolah ini telah dilengkapi dengan fasilitas seperti free wifi, CCTV, full AC, multimedia, smart card, slot charger, air minum, dan TV LCD.

Tinggalkan Balasan