home Berita Terkini, Bus & Truk, Tips, Truk Vulkanisir Pada Ban, Meminimalisasikan Pengeluaran

Vulkanisir Pada Ban, Meminimalisasikan Pengeluaran

vulkanisirr_1Vulkanisir Pada Ban, Meminimalisasikan Pengeluaran

Jakarta, MobilKomersial.com – Ban merupakan salah satu biaya operasional yang cukup besar ke dua bagi pengusaha truck setelah bahan bakar minyak. Ban memberikan kontribusi sebesar 30 persen dari total operasional kendaraan, terutama truck.

Secara operasional, dari keseluruhan material ban, 30 persen saja yang digunakan, atau telah dipakai. Jadi jika tidak melakukan vulkanisir pada ban, perusahaan melakukan pemborosan sebesar 70 persen dari harga ban tersebut.

70 persen nilai dari sebuah ban berada di casing (rangka ban yang keras dan kuat untuk menahan tekanan tinggi) sedangkan sisanya berada di tread (tapak ban). Bila sudah seperti ini, ban bisa di vulkanisir untuk meminimalkan pengeluaran perusahaan. Vulkanisir ban merupakan proses remanufaktur yang bertujuan menambah usia ban yang telah digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang telah botak dengan tapak baru.vulkanisir-460x316

Dengan melakukan vulkanisir ban, casing ban yang telah digunakan dapat dipakai kembali hingga berulang kali. Peran sopir juga sangat dibutuhkan untuk merawat ban sehingga umur casing dapat dimaksimalkan. Casing ban yang dirawat dengan baik dapat melalui proses vulkanisir samapi dengan dua hingga tiga kali.

Demi keamanan, Ban yang sudah divulkanisir direkomendasikan digunakan pada bagian belakang truk. Sebab ban pada sisi depan kendaraan pergerakannya lebih dinamis ketimbang belakang. Apabila dipasang di depan, hal ini sangat berisiko karena akan membuat tapak ban terlepas. Ban vulkanisir cukup aman digunakan sekalipun masih banyak pengusaha angkutan barang yang sering membawa muatan lebih dari batas yang ditetapkan.

Selain itu, diperlukan juga upaya pencegahan agar ban tidak cepat rusak. batu atau krikil yang masuk pada celah tapak ban dapat merusak ban tersebut, karena jika dibiarkan akan menimbulkan retakan dan sobek pada ban akibat terlalu sering menerima tekanan.

Tinggalkan Balasan