home Berita Terkini, Tips Tips Memilih Ban

Tips Memilih Ban

Tips Memilih Ban

Jakarta, MobilKomersial.com – Ternyata memilih ban dalam berkendara itu susah susah gampang ya komers. Karena ban merupakan bagian vital pada kendaraan, salah dalam memilih ban tentu bisa berdampak fatal seperti kecelakaan. Ban juga bisa berdampak pada borosnya bahan bakar, jika digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi dan ukurannya.

Ada baiknya, ban yang di gunakan itu harus sesuai dengan keinginan kita agar kendaraan yang kita kemudikan dapat berimbang dengan kapasitas berat kendaraannya.

Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih ban yang baik, seperti :

  • Pilih yang pasti pasti ajah dech, Pilih Brand atau mereknya yang sudah terbukti kualitasnya, Jangan asal pilih merek ban, tetapi kulitasnya      tidak terjamin.
  • Untuk jalan yang terlalu panas, usahakan jangan pilih ban yang banyak guratannya. Hal ini di lihat dari kembangan pada ban tersebut.
  • Ternyata Ban juga memiliki tingkat kadaluwarsanya loch, Nah, sesuaikan antara ban yang digunakan dengan kebutuhan. Contoh, untuk ban produksi lokal itu berkisar antara 1,5 – 2 tahun. Sedangakn ban yang import mempunyai umur rata-rata di atas 2 tahun. Kondisi jalanan yang biasa pengendara lalui juga berpengaruh pada usia ban tersebut, serta suhu. Ban akan retak retak bila kena panas terus langsung kena air.
  • Biasanya ban standar itu akan habis kembangannya setelah 12.000 km – 16.000 km, Nah perhatikan kembangannya sekali lagi apabila sudah melampaui dari kilometer yang di sebut diatas.
  • Sesuaikan ukuran ban dengan standar pabrik, karena ukuran ban yang beda dari standar pabrik ternyata dapat membuat motor menjadi berat, yang tentunya berakibat borosnya bahan bakar.
  • Perhatikan dimensi atau ukuran sebuah ban, Misalnya ,”130/80/17″ berarti :

130 = Lebar Tapak Ban (mm)
80 = aspek ratio ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
17 = diameter velg dalam ukuran inci

 

Tips Menegakan Moge dengan Enteng

Tinggalkan Balasan