home Berita Terkini, Tips Tips Cara Menghadapi Rem Blong Pada Kendaraan

Tips Cara Menghadapi Rem Blong Pada Kendaraan

Tips Cara Menghadapi Rem Blong Pada Kendaraan

MobilKomersial.com – Rem blong menjadi kambing hitam pada kecelakaan di jalur puncak ciloto. Akibar rem blong meinbulkan kecelakaan lalu lintas yang memakan korban hingga 11 orang meninggal dan puluhan lainnya luka parah.
Lalu, Bagaimana cara mengatasi kendaraan agar rem tidak blong, apalagi ketika mengendaraai kendaraan besar yang sulit dikendaraai?

Menurut Andri, seorang supir yang 25 tahun membawa kendaraan besar mengatakan, Agar rem tidak blong intinya adalah perawatan secara rutin. Karena rem merupakan komponen yang wajib di jaga. “Secanggih apapun sistem pengereman yang tersemat pada kendaraan, kalau tidak di di rawat akan cepat rusak. Kalau sudah rusak lebih baik diganti baru atau kendaraannya jangan digunakan. Karena rem sangat vital fungsinya,” ujarnya

Biasanya, sopir apabila mengalami kendaraan yang dibawanya ternyata rem blong akan panik. Hindari panik saat menghadapi kejadian tersebut. Hal patut dilakukan adalah segera menurunkan persneling kendaraannya ke yang paling rendah secara bertahap. Karena dengan menurunkan ke gigi yang lebih rendah, laju kendaraan akan melambat. Setelah melambat, gunakan rem tangan. Karena apabila laju kendaraan masih kencang, terkadang rem tangan tidak berfungsi.

“Saat kendaraan melambat, berikan segera menepi untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah,” terangnya.

Dan untuk mengendarai sebuah kendaraan besar, tentunya harus memiliki skill yang cukup tinggi karena, kendaraan besar tidak sama dengan kendaraan kecil. Jarak pengereman antara kendaraan besar dan kecil itu sangat berbeda.tips hadapi rem blong

 

Kunci Tertinggal di Dalam Mobil, Ini Tipsnya