home Berita Terkini, Tips Tips Agar Oli Tak Cepat Mengering

Tips Agar Oli Tak Cepat Mengering

Tips Agar Oli Tak Cepat Mengering

Jakarta, MobilKomersial.com – Oli merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Bila tak ada oli, tak ada yang melumasi mesin agar bekerja lebih optimal. Akan tetapi oli mempunyai tenggat waktu pemakaiannya.

Tanda-tanda tenggat pemakaian oli dapat kita lihat dari bentuk cairan tersebut. bila encer, anda diharuskan cepat menggantinya dengan yang baru. Bila dibiarkan tetap terpakai, bukan mesin tak mau menyala, tetapi oli tersebut akan kering dan menempel pada mesin anda yang dapat menyebabkan kerusakan.

Idealnya, oli harus segera diganti bila kendaraan sudah menempuh jarak 2.000 sampai 3.000 kilometer. Bila tak kunjung diganti dan mulai mengering, seher dan stang seher pada sepeda motor menjadi “tumbal” dari oli yang kering, sebelum merambat ke semua komponen.

Selain itu usahakan membeli oli di tempat atau diler-diler resmi. Karena jika kita membeli oli di diler resmi sudah pasti dijamin kualitas produknya. Namun jika kita membeli di sembarang tempat, atau di bengkel pinggir jalan, dikhawatirkan oli tersebut palsu.

Melakukan pengecekan berkala juga tak kalah penting untuk mencegah pengeringan oli. Dengan dilakukannya pengecekan, otomatis kita bisa tahu sudah seberapa kualitas oli yang kita pakai. Terlebih saat musim hujan seperti yang terjadi kini. oli yang tercampur air, atau terendam genangan saat melewati banjir, dapat menyebabkan kualitas oli turun drastis. Jika sudah begitu, anda harus melakukan pengurasan dua atau tiga kali.

Khusus bagi anda pengendara sepeda motor jenis skutik, jangan takut bila tak ada oli untuk motor skutik, karena oli untuk motor bebek tak masakah jika dipakai untuk skutik. Namun sebaliknya, oli skutik tak bisa dipakai untuk oli motor bebek. Hal tersebut dikarenakan jenis koplingnya berbeda, motor bebek menggunakan jenis basah, sementara metik kering.

Tinggalkan Balasan